Sejarah HUT Veteran yang Diperingati Setiap 2 Januari

Peringatan HUT LVRI, Bengkulu, Senin (2/01/2022). Foto, Cindy/BN

Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang dirayakan setiap tanggal 2 Januari, rupanya memiliki sejarah.

HUT LVRI sendiri berbeda dengan Hari Veteran Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Kala itu pemerintah mengesahkan peringatan Hari Veteran Nasional, untuk dimaksudkan mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para pejuang kemerdekaan melawan tentara Belanda.

Pada saat itu para veteran nasional tersebut tidak memiliki wadah, sehingga diadakannyalah kongres pada tanggal 22 Deseber 1956 hingga 2 Januari 1957 di Decca Park, Jakarta.

Setidaknya ada 2300 veteran dari seluruh Indonesia yang menghadiri acara tersebut, serta mewakili lebih dari sejuta veteran yang aktif bertempur di seluruh wilayah memperjuangkan Kemerdekaaan RI pada tahun 1945 hingga 1949.

Mereka yang mengikuti kongres sepakat bersatu dan bergabung dalam organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Presiden Sukarno mengeluarkan keputusan Presiden RI No. 103 tahun 1957 tentang “Legiun Veteran” yang menetapkan : Terhitung mulai 1 Januari 1957 mengesahkan pembentukan Legiun Veteran Republik Indonesia dan mengakui sebagai satu0satunya badan yang mewakili kaum veteran dalam hubungan dengan instansi-instansi Pemerintah dan organisasi-organisasi Veteran Internasional.

Selain itu dalam kongres tersebut menganugrahkan pani-panji kehormatan Veteran RI “Karya Dharma” dan menetapkan kode kehormatan Veteran RI yakni “Panca Marga”.

Hingga hari ini peringatan ulang tahun LVRI masih dilakukan oleh para veteran hingag anak, cucu. Sayangnya banyak masyarakat yang tidak mengetahui, hari ulang tahun tersebut.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen