Logo

Ribuan Peserta Karnaval Padati Stadion Sawah Lebar

KOTA BENGKULU – Ribuan peserta karnaval batik besurek, pada Minggu (11/10) memadati Plaza Stadion Semarak, Sawah Lebar Bengkulu sebagai titik akhir karnaval batik besurek tahun 2018.

Tahun ini, rute karnaval batik besurek khas kota Bengkulu agak berbeda dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini peserta yang berasal dari Pelajar, tokoh masyarakat, hingga ASN ini memulai perjalanan dari Bundaran Simpang Lima, menuju Tanah Patah dan melewati Simpang Skip menuju Jalan Jati dan finish di stadion Sawah Lebar.

Kreatifitas pemuda Bengkulu semakin terlihat dalam perhelatan tahunan ini, tidak ketinggalan antusias masyarakat Kota Bengkulu menyambut karnaval tersebut patut diacungi jempol. Wakil Wali Kota (Wawali) Bengkulu Dedi Wahyudi menyampaikan, perhelatan karnaval batik besurek sudah lima tahun berjalan, saat pemerintahan H. Helmi d periode sebelumnya.

“Ini yang ke lima tahun, Ini berangkat dari ide Wali Kota Bengkulu dan pada saat itu saya menjadi tim media Bengkulu, kita sama-sama menggagas, selama ini ada hari batik nasional, tetapi kita belum ada hari batik besurek,” ujar Dedi Wahyudi.

Lebih lanjut kata Dedi, motif kain besurek tidak ada yang bisa menyerupai di seluruh penjuru dunia, dan ini merupakan keistimewaan dari Kota Bengkulu.

“Motif kain besurek tidak ada duanya di dunia ini, batik Jawa, Kalimantan punya khas kami juga,motifnya seperti huruf kaligrafi, ini adalah salah satu konten terbaik milik Bengkulu,” imbuhnya.