Logo
Dempo Xler

Rekrutmen PTPS Kota Bengkulu Belum Mencapai Kuota

Juknis Pembentukan PTPS Pemilu 2024

Juknis Pembentukan PTPS Pemilu 2024

BENGKULU – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu Rahmat Hidayat mengaku rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) belum memenuhi kuota yang dibutuhkan.

Ia menyampaikan data terakhir yang diterima belum sampai 500 orang yang mendaftar sedangkan kuota yang disediakan oleh Bawaslu Kota Bengkulu 985 orang.

“Sampai hari kemarin masyarakat yang sudah mendaftar menjadi PTPS se-Kota Bengkulu ini itu sudah masuk di data kita sampai sore kemaren itu 358 orang dari seluruh kecamatan,” terang Hidayat pada Bengkulunews.co.id, Kamis (04/01/2024)

Hidayat juga mengatakan ada masa perpanjangan apabila pada waktu yang ditentukan hingga hari terakhir pendaftaran kuota PTPS di Kota Bengkulu belum mencukupi.

“Ada masa perpanjangan, masa perpanjangan itu dimulai tanggal 07-08 Januari, di tahapan pendaftaran itu ada perpanjangan pendaftaran seandainya tidak terpenuhi di wilayah kecamatan yang belum terpenuhi,” kata Hidayat

Perekrutan PTPS ini juga diharapkan berjalan dengan baik, sehingga itu dapat membantu proses pengawasan Pemilu serentak 2024.

Bawaslu Kota Bengkulu juga akan melakukan pembekalan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi masyarakat yang telah ditetapkan menjadi PTPS. Bimtek itu sendiri akan dilakukan di setiap Kecamatan yang ada di Kota Bengkulu.

“Bimtek itu biasanya setelah pelantikan di masing-masing kecamatan. soal apa saja yang dibekali itu adalah kewenangan PTPS sendiri dan atribut dari Pengawas TPS,” ujar Hidayat