Logo
Dempo Xler

Rejang Lebong Rancang Kartu Pelajar Cerdas

Rejang Lebong Rancang Kartu Pelajar Cerdas

 

REJANG LEBONG, bengkulunews.co.id- Tujuan Bupati Rejang Lebong, Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si untuk membangun Rejang Lebong sebagai Kota Pendidikan nampaknya sedikit terhambat.

Hal ini terjadi pasca pengalihan wewenang SMA dan SMK ke pihak provinsi mulai tanggal 1 Januari 2017. Padahal Pemkab Rejang Lebong telah menyiapkan anggaran untuk membangun pendidikan di Rejang Lebong sebesar Rp20 miliar melalui Program Bosda atau Bantuan Operasional Sekolah Daerah.

Anggaran Bosda untuk tahun 2017 saat ini sudah tersedia di kas daerah. Bahkan sekarang hanya tinggal realisasi penyaluran bagi kurang lebih  10.000 pelajar SMA maupun SMK negeri maupun swasta se-Rejang Lebong dengan besaran Rp150. ribu persiswa per bulannya.

Pasca pengalihan wewenang ke pihak provinsi, pemerintah daerah tidak berhak memberikan bantuan bosda lagi.

Kepala DInas Pendidikan Rejang Lebong, Tarsisius Samuji,S.Pd menjelaskan, meski Bosda tidak dapat disalurkan namun anggaran tersebut tetap akan disalurkan kepada seluruh pelajar SMA dan SMK se Kabupaten Rejang Lebong.

Hanya saja dengan merubah program yang telah disusun yaitu wacana penerbitan Kartu Rejang Lebong Cerdas tengah dirancang pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong demi termanfaatkannya anggaran Bosda yang telah tersedia

“Mudah-mudahan sebelum pertengahan tahun 2017 ini rencana kartu Rejang Lebong cerdas segera terealisasi meski anggaran tidak sepenuhnya untuk pelajar SMA, paling tidak setengah dari alokasi akan dialihkan untuk pelajar SMP dan SD di Rejang Lebong dikarenakan karena tidak mungkin sepenuhnya disalurkan mengingat wewenang SMA dan SMK saat ini berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu,” jelas Samuji.

Oleh karena itu, demi menjadikan Rejang Lebong sebagai kota pendidikan, Pemkab Rejang Lebong merancang Program Kartu Rejang Lebong Cerdas. Tujuan dari perancangan Kartu Rejang Lebong Cerdas yaitu untuk menyalurkan anggaran yang telah tersedia di kas daerah.

“Kami berharap program ini bisa berjalan dengan sempurna dikarenakan Program Kartu Rejang Lebong Cerdas berguna untuk membantu biaya pendidikan bagi pelajar SMA Se-Rejang Lebong,” tutup Samuji.