Logo
Dempo Xler

Rejang Lebong Dapat 60 Sapi Dari Investor Malaysia

gdgdj

gdgdj

Plt Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Kabupaten Rejang Lebong akan terima 60 ekor sapi dari investor asal negeri Jiran (Malaysia). Dimana sapi tersebut merupakan hasil kerja sama Pemkab Rejang Lebong dengan investor dari Malaysia dalam program penggemukan sapi.

Hal ini dibenarkan oleh pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnaskeswan) Provinsi Bengkulu, Majestika, saat ditemui di Media Center Provinsi Bengkulu, Selasa (20/2/2017).

“Ya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Maret nanti akan menerima 60 ekor sapi dari investor Malaysia yang telah bekerja sama dalam program penggemukan sapi,” katanya.

Dikatakan Majestika, 60 ekor sapi tersebut dibeli dari peternak di Provinsi Lampung. 30 ekornya berjenis sapi Bali, sedangkan 30 ekor lainnya jenis limousin dan brahma.

“Ke-60 ekor sapi tersebut akan ditempatkan di Balai Peternakan Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kebupaten Rejang Lebong,” katanya.

Di sini, lanjut Majestika, pihaknya akan membantu semaksimal mungkin agar pengiriman sapi berjalan aman, lancar dan tentunya tidak membawa penyakit ke Provinsi Bengkulu.

“Kami akan lakukan koordinasi dulu dengan Provinsi Lampung, baik izin maupun kesehatan hewan tersebut,” ujarnya

Guna memastikan hal tersebut, pihaknya juga berencana akan memantau langsung pengiriman hingga sampai di Balai Peternakan Kabupaten Rejang Lebong.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya dengan investor akan membuka Rumah Potong Hewan (RPH) supaya Pemkab RL mempunyai RPH tersendiri sebagai tempat konsumsi daging bagi masyarakat RL.

“Kita serahkan kepada investor, namun tetap mengacu pada standar ASUH yakni aman, sehat, utuh dan halal,” tandasnya.