Berita bengkulu
Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Polda Himbau Netizen Waspada Modus Penipuan Akun Polisi Gadungan

foto ilsutrasi akun [email protected]
foto ilsutrasi akun facebook@tribaratanewsbengkulu.com
foto ilsutrasi akun [email protected]

bengkulunews.co.id – Maraknya modus penipuan dengan menggunakan akun facebook polisi gadungan. Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP. Sudarno, S.Sos, MH mengimbau para netizen untuk mewaspadai keberadaan akun facebook polisi gadungan tersebut.

“Modus penipuan sekarang ini sudah sangat beragam. Karena itu kita harus waspada saat bermain di dunia maya. Akun facebook pelaku mengaku sebagai polisi sekarang menjadi modus penipuan yang marak. Para pelaku sengaja membuat akun facebook berlagak sebagai polisi untuk menjadi modal awal yang meyakinkan bagi calon korbannya,” kata Sudarno, dikutip dari tribratanewsbengkulu.com, Senin (09/10).

Diungkapkan Sudarno, di Kota Bengkulu telah terjadi dua kasus penipuan dengan modus mengaku berprofesi sebagai polisi di akun media sosial facebook. Modus pelaku tak lain berpura-pura akan pindah tempat tugas. Perempuan yang termakan bujuk rayu hingga berpacaran di dunia maya, terbuai lalu tanpa sadar mengirimkan uang untuk kepentingan pacara dunia mayanya yang ternyata penipu.

“Dua kasus yang sudah dilaporkan ke Polda Bengkulu, modusnya pelaku beralasan ingin pindah ke Polda Bengkulu. Untuk mengurus kepindahan tugas, pelaku mengaku membutuhkan uang. Korbannya percaya dan mentransfer uang ke pelaku. Setelah itu nomor telepon dan akun facebook pelaku sudah tidak aktif lagi,” jelas Sudarno.

Hasil penelusuran Polda Bengkulu, menemukan beberapa akun polisi gadungan. Akun yang ditemukan itu menurut Sudarno hanya sebagian kecil saja. Kuat dugaan masih banyak akun facebook polisi gadungan.

“Beberapa akun yang berhasil diidentifikasi ketika pelaku menaruh sebuah singkatan menandakan angkatan kelulusan polisi. Namun yang ditemukan itu satu dari seribu akun palsu. Sehingga kita harus benar-benar waspada,” pungkasnya.(101)

Baca Juga
Tunjukkan Komen (1)