Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Pneumonia dan Covid Varian Baru Masih Ditanggung BPJS

BENGKULU – Maraknya kasus Pneumonia dan covid 19 varian EG5 membuat masyarakat cemas, baik dari kesehatan maupun penanganan.

Kepala Bagian PMU (Penjaminan Manfaat dan Utilisasi) BPJS Kanwil Bengkulu, Ikhsan Kurniawan menuturkan bahwa untuk penyakit Pneumonia dan covid 19 varian EG5 atau Eris sebenarnya memang sudah di tanggung oleh BPJS.

Namun berbeda dengan covid 19 yang sebelumnya merupakan pandemi, langsung ditanggung Kementrian Kesehatam RI untuk pembiayaan. Sedangkan BPJS hanya membantu memvalidasi data yang dimiliki.

“Jadi covid ini awalnya tidak dijamin BPJS awalnya, tapi oleh Kementrian Kesehatan. Karena waktu itu pandemi, nah BPJS hanya ditugaskan untuk data,” kata Ikhsan pada Bengkulunews.co.id Rabu (13/12/23) sore.

Sehingga ketika covid 19 sudah tidak menjadi pandemi, maka pembiayaan akan ditanggung langsung oleh BPJS tidak lagi Kementrian Kesehatan.

Oleh karena itu untuk penyakit seperti Pneumonia dan covid 19 varian Eg5, masih di tanggung oleh BPJS.

Namun tidak memungkinkan jika covid maupun Pneumonia dibiayai oleh Kementrian Kesehatan RI, jika kembali menjadi pandemi maupun wabah. Untuk Pneumonia memang sudah lama di tanggung oleh BPJS begitu juga penyakit lainnya yang tidak di tanggung pemerintah.

Sehingga Ia menegaskan bagi masyarakat yang mengalami gejala Pneumonia maupun covid 19 bisa segera mendatangi rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut menggunakan BPJS.

“Karena kami tidak bisa menjamin penyakit yang sudah ditanggung oleh Pemerintah. Jadi tetap bisa kita jamin sesuai rujukan dari puskesmas maupun rumah sakit,” demikian Ikhsan.

Baca Juga
Tinggalkan komen