Logo

Pertumbuhan Ekonomi Kota Bengkulu Tertinggi Se-Provinsi Bengkulu

Wali Kota Bengkulu, H Helmi Hasan, SE memberikan kata sambutan

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Kota bengkulu menduduki peringkat pertama dalam pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu. Ini diketahui dari rilis data Badan Pusat Statistik kota Bengkulu, yang digelar di aula gedung kantor Pemerintah kota Bengkulu, Senin (30/1/2017).

Pertumbuhan ekonomi Kota Bengkulu dalam kurun waktu 2013 hingga 2015, mencapai 6,05%. Angka ini menjadikan kota Bengkulu sebagai penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu sebesar 32%.

Pertumbuhan ini di dasari oleh meningkatnya geliat sejumlah sektor pendapatan daerah, terutama dalam bidang jasa pelayanan kesehatan dan sosial sebesar 8.44%. Didukung juga oleh tingginya pendapatan perkapita penduduk yakni mencapai Rp. 45 juta/tahun. Hasil ini membuat tingkat pertumbuhan ekonomi kota Bengkulu melampaui tingkat pertumbuhan ekonomi provinsi bahkan tingkat pertumbuhan ekonomi nasional. Informasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kota Bengkulu Husnan, SE, yang dihadiri oleh perwakilan Bank Indonesia wilayah Bengkulu serta BPS provinsi.

Husnan dengan jelas menguraikan secara rinci tingkat ekonomi kota Bengkulu dalam waktu tiga tahun terakhir. Rilis ini merupakan rilis pertama yang dilakukan oleh BPS kota Bengkulu.

Walikota Bengkulu, H. Helmi hasan, SE dalam sambutannya menyampaikan. Seharusnya ekonomi Bengkulu dapat lebih baik lagi, dirinya juga telah menyiapkan beberapa program untuk dilaksanakan pada tahun 2017, diantaranya dengan mencari sumber-sumber PAD dan pembukaan lapangan pekerjaan baru seperti pada RSUD Kota Bengkulu yang telah menghasilkan PAD sebesar Rp 16 miliar.

“Pemerintah akan mencoba mencari sumber-sumber PAD dan pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat agar ekonomi Bengkulu jadi lebih baik,” papar Helmi.

Walikota juga menambahkan, dalam waktu dekat pemerintah kota akan membuka Bank yang akan ditempatkan dikawasan pertokoan Suprapto. Pemerintah juga akan membuka peluang seluas-luasnya bagi masyarakat yang berminat untuk bekerja pada bank tersebut. Ia menargetkan, pada tahun 2018 mendatang bank yang dibangun telah menjangkau kabupaten-kabupaten yang ada di provinsi Bengkulu demi menopang pertumbuhan ekonomi kota Bengkulu.

”Dalam waktu dekat kita juga akan membuka bank sendiri yang akan berada diprapto. Kita akan umumkan bagi siapa saja yang ingin bekerja disana. Targetnya 2017 sudah eksis, dan tahun 2018 telah membuka cabang diseluruh provinsi bengkulu.” Ucap Helmi. (prw/Alwin)