Bengkulu News #KitoNian

Pernah Cicip Kelapa Muda yang Dibakar? Rasanya Bikin Bertenaga

Penulis : Kurniawan

Kelapa Muda Bakar Rempah. Foto, Kurniawan/BN

BENGKULU – Kelapa muda merupakan salah satu buah yang memiliki kesegaran air yang mampu melepas dahaga. Apalagi ketika panas matahari menyengat, air kelapa muda masih menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang nikmat dan segar.

Agar kelapa muda ini bisa menjadi lebih nikmat, biasanya tak sedikit orang yang mencampur air kelapa dengan es batu, atau ditambahkan cincau, alpukat, atau bahkan dibuat jadi es campur buah agar bisa sangat menggugah selera.

Namun, kali ini ada satu sajian kelapa unik yang beda dan tak biasa ditemukan, yaitu kelapa muda bakar rempah. Buah kelapa dibakar langsung hingga air kelapa menjadi hangat dan kulit kelapa sampai menjadi hitam.

Proses pembakaran kelapa tersebut membutuhkan waktu empat jam, agar air kelapa benar-benar sudah matang dan lebih terasa di tenggorokan. Air kelapa yang sudah dibakar kemudian dicampur dengan rempah-rempah pilihan, berupa cengkeh, kapulaga, merica, jahe, kayu manis, serai dan kemudian dicampur madu.

Kelapa Muda Bakar Rempah. Foto, Kurniawan/BN

Kelapa muda bakar rempah ini memang lebih nikmat dan lebih terasa di tenggorokan dibanding es kelapa muda biasa. Lalu apa saja khasiat atau manfaat dari buah kelapa muda yang dibakar dan dicampur dengan rempah-rempah ini?

Rio Setiawan pemilik kedai kelapa muda bakar rempah menjelaskan, air kelapa yang dibakar dan dicampur rempah-rempah itu mengandung banyak khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Diantaranya, kata Rio mampu menyembuhkan penyakit kolesterol tinggi, darah tinggi, kencing batu, batu ginjal, obat masuk angin, mengatasi pegal-pegal, merendahkan sesak nafas, menetralkan racun pestisida, maag akut, asam urat, hingga penambahan stamina tubuh.

“Kemaren ada orang yang kena penyakit batu ginjal, terus setelah minum kelapa kuda bakar ini langsung hilang penyakitnya bang,” ungkap Rio, Jumat (11-3-22).

“Lalu ada juga yang kemarin susah hamil bang, setelah minum kelapa muda bakar ini seminggu kemudian dia positif hamil,” lanjut Rio.

Kelapa Muda Bakar Rempah. Foto, Kurniawan/BN

Meski sudah dibakar, air kelapa tetap mengandung nutrisi seperti karbohidrat dan mineral, namun jumlahnya tidak lebih tinggi dari kelapa yang dikonsumsi langsung.

Jika tertarik ingin mencoba kelapa muda bakar rempah ini, Rio membuka kedainya di Jalan Raya Padang Kemiling, Kelurahan Pekan Sabtu, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu, sebelum bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Satu buah kelapa bakar dijual Rio dengan harga Rp 25.000 rupiah.

Baca Juga
Tinggalkan komen