Logo

Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pencegaan Narkoba

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Bengkulu, AKBP Alexander Soeki menghimbau agar keluarga dan masyarakat dapat berperan aktif dalam mencegah peredaran narkoba.

Menurut Alek, pencegahan sejak dini kepada anggota keluarga sangat dibutuhkan, sebab penggunaan narkoba umumnya telah dimulai sejak usia remaja.

“Menekan peredaran narkoba harus dimulai sejak dini, disitu peranan keluarga sangat dibutuhkan,” kata Alex, Sabtu (4/2/2017).

Alex menambahkan, saat ini jumlah pengguna narkoba terus meningkat. Sosialisasi yang kerap dilakukan BNN tidak akan efektif jika tidak diimbangi oleh pengawasan dan kontrol dari keluarga pengguna.

Masyarakat umumnya juga terlihat acuh jika melihat pengguna narkoba tanpa berinisiatif melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib.

“Selama ini masyarakat atau orang tua menurut saya kurang peduli terhadap orang-orang yang menyalahgunakan obat-obat ini,” tambahnya.

Alex berharap agar pihak-pihak yang berwenang tidak lagi melakukan penangkapan, tapi langsung melakukan rehabilitasi jika ditemukan adanya laporan dari lingkungan tempat pengguna berada.

Baca juga :

BNN Gelar Sosialisasi Mingguan di Pantai Panjang

(Alwin)