Pendaftaran Akun SNPMB Dimulai, Simak Caranya

Pendaftaran Akun SNPMB Dimulai, Simak Caranya

Tangkapan layar SNPMB

Pendaftaran akun sekolah dan siswa untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 resmi dibuka hari ini, Senin (9/01/23) Pukul 15.00 WIB. Batas pembuatan akun untuk sekolah akan berlangsung selama satu bulan hingga tanggal 9 Februari 2023 mendatang, dan untuk siswa hingga tanggal 15 Februari 2023.

Hari ini registrasi tersebut akan dibuka serentak untuk sekolah dan siswa. Nantinya, akun akan digunakan untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Ujian Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT).

Dilansir dari Instagram resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (SNPMB BPPP), sekolah maupun siswa tinggal menuju situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ untuk pembuatan akun.

Tahapan pembuatan akun SNBP 2023 untuk sekolah dan siswa adalah sebagai berikut:

  1. Menuju ke portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) BPP https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Klik Daftar
  3. Terlihat dua pilihan yang meliputi Siswa dan Sekolah. Jika mendaftar atas nama sekolah maka klik Sekolah. Apabila mendaftar atas nama siswa maka klik Siswa.
  4. Isi data yang diminta oleh sistem situs SNPMB
  5. Akun SNPMB berhasil dibuat.

Pengisian Pangkalan Data Sistem Sekolah (PDSS)

Pada tanggal yang sama, sekolah juga wajib mengisi PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS termasuk dalam salah satu syarat sekolah untuk mendaftarkan siswanya ke PTN lewat SNPMB 2023.

PDSS berisi rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible untuk mendaftar. PDSS terbuka untuk sekolah dengan kurikulum nasional 2006 KTSP dan kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS).

Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.
Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS juga menyediakan perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap.

Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab kepala sekolah.

Cara Mengisi PDSS

Hingga berita ini dibuat, belum ada informasi terbaru terkait pengisian PDSS 2023. Namun mengacu pada tahun 2022 pada Buku Panduan Pengisian PDSS 2022, berikut cara mengisi PDSS untuk sekolah:

  1. Login https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.
  2. Pastikan bahwa sekolah telah menyelesaikan tahapan penetapan siswa eligible sebelumnya. Jika sekolah belum melakukannya, silakan menyelesaikannya terlebih dahulu.
  3. Jika tahapan 2 sudah selesai dilakukan, selanjutnya adalah mendefiniskan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. Setiap jurusan yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya juga harus didefinisikan kurikulumnya.
  4. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
  5. Lakukan finalisasi data kurikulum.
  6. Tahapan selanjutnya adalah mengisikan jenis studi setiap siswa eligible per jurusan.
  7. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Pengisian dapat dilakukan baik per siswa maupun secara bulk upload.
  8. Lakukan finalisasi data nilai.
Baca Juga
Tinggalkan komen