Logo

Pemuda Pancasila Bengkulu Serahkan Donasi untuk Korban Gempa dan Tsunami

KOTA BENGKULU – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Bengkulu menyerahkan donasi untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) ke kantor Lazizmu yang terletak di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB 2), Selasa (9/10) sore.

Donasi berupa uang sebanyak Rp. 20 juta Rupiah dan baju bekas yang masih layak pakai sebanyak 6 karung dan 5 kardus tersebut hasil dari aksi solidaritas PP yang melakukan penggalangan dana selama 5 hari di wilayah Kota Bengkulu.

Donasi itu diberikan langsung oleh ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Bengkulu, Erlan Oktriandi bersama anggota dan perwakilan dari mahasiswa STIA Bengkulu kepada Susanto yang merupakan perwakilan dari Lazizmu.

Disampaikan Erlan, donasi yang didapat tersebut merupakan bantuan dari seluruh masyarakat Kota Bengkulu yang peduli terhadap para korban gempa dan tsunami di Sulteng. Selain itu, bantuan ini kata Erlan merupakan bentuk solidaritas Pemuda Pancasila Bengkulu dalam ikatan kebangsaan.

“Kami merasa empati dan terpanggil, karena apa yang dialami dan dirasakan oleh mereka pernah kita rasakan di Bengkulu pada tahun 2000 Gempa 7,3 SR. Dan ini menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar. Dan untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban disana, supaya tahu bahwa mereka menghadapi musibah ini tidak sendirian,” tutur Erlan.

Dengan adanya bantuan itu, lanjut Erlan, ia berharap dapat meringankan beban para korban gempa di Sulawesi Tengah.

“Semoga masyarakat di Sulawesi Tengah dapat segera kembali pulih dan tetap semangat bersama-sama membangun dan bagi kawan-kawan yang telah menyumbangkan materi, uang, waktu dan tenaganya, semoga ini menjadi amal bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara perwakilan Lazizmu, Susanto menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat khususnya Pemuda Pancasila yang telah mempercayai Lazizmu untuk menyalurkan donasi kepada korban gempa dan tsunami. Atas kepedulian Pemuda Pancasila tersebut, Lazizmu juga memberikan kenang-kenangan berupa piagam kepada Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Bengkulu.

“Kami mau mengucapkan terima kasih kepada anggota PP yang telah mempercayai donasi untuk saudara-saudara kita di Palu dan Donggala melalui Lazizmu wilayah Bengkulu ini. Kemudian bantuan ini akan segera disalurkan ke penerimanya,” kata Susanto.

Disisi lain, sejauh ini Lazizmu telah menerima donasi sebanyak Rp. 100 juta rupiah. Selain itu, terang Susanto, jika masih ada masyarakat yang ingin memberikan donasi untuk korban gempa dan tsunami, Lazizmu masih tetap buka hingga akhir tahun.

“Kalau sampai hari ini dari eksternal maupun internal itu sudah hampir Rp. 100 Juta lebih. Itu hanya berbentuk uang saja. Kalau berbentuk barang belum kita kalkulasikan, karena kita fokusnya di uang saja karena melihat kondisi yang disana mereka lebih butuh uang,” demikian Susanto.