Pemprov Fasilitasi Islah KNPI

KOTA BENGKULU – Kisruh dalam tubuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Bengkulu akhirnya usai. Kesepakatan tersebut lahir setelah PLT Gubernur Rohidin Mersyah, Dispora dan Kesbangpol Provinsi Bengkulu.

“Saya selalu PLT Gubernur hanya menggunakan fungsi pembinaan kepemudaan dan sebagai pemegang penuh hak otoritas kepemerintahan melakukan mediasi dengan harapan agar pemuda diprovinsi Bengkulu bersatu dan tidak terpecah,” ungkap PLT Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam konfrensi pers, Minggu (1/3/2018).

Kemudian, kata Rohidin walaupun ditingkat pusat KNPI sedang mengalami perpecahan dualisme, namun dirinya mengaku tidak ikut campur atau masuk memberikan intervensi ketubuh KNPI.

“Ini fungsi pembinaan saya, sehingga nanti tidak ada lagi kubu ini dan kubu itu, kalau bisa diprovinsi Bengkulu ini pemudanya bersatu,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut, upaya islah kedua pihak melahirkan tiga kesepakatan yakni, mendesak Dewan Pimpinan Pusat (KNPI) melaksanakan islah secepatnya sehingga fokus pembangunan kepemudaan diprovinsi Bengkulu tidak terpecah belah.

Selanjutnya, meminta kepada semua pihak untuk menahan diri agar kondisi kepemudaan diprovinsi Bengkulu tetap kondusif dan agar secepatnya membentuk panitia untuk menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) DPD diprovinsi Bengkulu.

Disisi lain, Carateker Musda Febri Yudirman menyampaikan permohonan maaf dan membatalkan Musda yang rencananya akan digelar Senin (2/3/2018).

“Saya sebelumnya menyampaikan permintaan maaf kepada semua belah pihak yang telah mendukung saya. Baik organisasi Kepemudaan (OKP) maupun senior – senior KNPI, Saya menyatakan Musda yang seharusnya digelar besok akan ditunda pelaksanaannya hingga jadwal yang telah disepakati bersama antara saya dan bang Batara Yudha nanti,” kata Febri.

Setelah itu, Ketua KNPI Bengkulu, Batara Yudha mengatakan ucapan terima kasih dengan kepedulian Plt Gubernur dalam segala wujud kegiatan pemuda di provinsi Bengkulu.

“Adinda Febri adalah salah satu tokoh pemuda. Kita sudah sepakat dengan disaksikan langsung oleh plt Gubernur jika pelaksanaan Musda akan dilaksanakan serentak dalam waktu dekat ini,” ujar Yudha.

Baca Juga
Tinggalkan komen