Logo

Pemprov Bengkulu Kucurkan Dana Bantuan Parpol Rp 2 Miliar, Terbanyak PDIP

BENGKULU – Sejumlah Partai Politik (Parpol) di Provinsi Bengkulu mendapatkan penyaluran bantuan keuangan tahap pertama, oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu, Rabu (05/06/2024).

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan bahwa pihak Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu memberikan bantuan dana ini ke sejumlah partai politik yang totalnya sekitar 2 miliar untuk bulan Januari hingga September hasil dari lanjutan pemilu 2019 lalu.

‘’Kita menyalurkan dana Parpol ini totalnya 2 M, hal ini untuk 9 bulan, dari Januari-september ini, hasil dari lanjutan pemilu 2019,’’ ujar Gubernur.

Gubernur juga menjelaskan bahwa penyaluran dana tersebut, dalam penggunaanya sudah ada juknis yang telah diberikan oleh sejumlah parpol, yang secara garis besarnya untuk kegiatan konsolidasi partai, penguatan Lembaga Partai serta kegiatan sosialisasi dan edukasi kemasyarakatan.

Sementara, Jaduliwan Kadis Kesbangpol Provinsi Bengkulu mengatakan, pembagian tahap pertama dana tersebut sesuai dari perhitungan keanggotaan dewan yang ada di dalam pemilihan umum tahun 2019 lalu, serta untuk pembagian tahap kedua pembagian dana ini setelah pelantikan anggota dewan.

‘’Jelasnya pembagian dana ini untuk perhitungan keanggotaan dewan yang dalam pemilihan umum tahun 2019 lalu, serta untuk tahap keduanya nanti setalah pelantikan anggota dewan, dalam besaran rinciannya sesuai data itu,’’ ujar Jaduliwan.

Ia juga mengharapkan dengan ada bantuan saluran dana ini, pihak parpol bisa memantapkan gerak Langkah yang talah disupport kan melalui kemampuan keuangan Daerah dalam persatu suara 3.500.

“Serta juga ada masukan-masukan untuk arah kedepannya agar dikaji ulang, melalui rapat tim Kesbangpol, Dispektorat, KPU, KEMENKUMHAM, serta untuk tahap kedua nanti akan menunggu juknisnya aka nada penaikan atau penurunan dana,’’ tutup Jaduliwan. (Handi)