Logo

Pemerintah dan Masyarakat Perlu Sinergi Ciptakan Masyarakat Sadar Lingkungan

Tampak sampah berserakan di Objek Wisata Pantai Jakat Bengkulu

bengkulunews.co.id – Kebersihan adalah faktor utama dari sebuah keindahan wisata. Tanpa kebersihan, objek-objek wisata tidak akan dapat mengundang wisatawan untuk berkunjung. Hal ini akan berpengaruh pada berkurangnya pendapatan suatu daerah.

Terlebih jika daerah tersebut memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Seperti halnya kota Bengkulu, yang memiliki potensi wisata Pantai Panjang.

Pengelolaan dan penataan tempat tersebut seharusnya dapat diprioritaskan. Termasuk di dalamnya tentang pengelolaan sampah. Namun hendaknya, tugas untuk membersihkan tempat tersebut tidak hanya dibebankan kepada pemerintah kota.

Masyarakat sekitar, baik yang bermukim maupun hanya sekedar berjualan selayaknya juga turut memperhatikan dan menjaga kebersihan pantai.

Sinergi antar keduanya diharapkan dapat menciptakan kesadaran bagi warga untuk bersama-sama merawat lokasi wisata.

Hal ini disampaikan wakil ketua DPRD kota Bengkulu, Teuku Zulkarnaen, Rabu (24/1/2017).

Teuku berharap agar adanya semacam komunitas yang dibina oleh pemerintah kota yang keanggotaanya dapat berasal dari mahasiswa pecinta lingkungan ataupun warga yang bermukim disekitar lokasi wisata.

Komunitas ini daharapkan secara sukarela dapat membantu perawatan sekaligus menjaga kelestarian pantai panjang yang selama ini menjadi kebanggan kota Bengkulu.

“Selain infrastruktur penunjang, pemerintah seharusnya juga dapat melakukan pembinaan terhadap warga seperti sosialisasi sadar lingkungan,” katanya

Dengan ini Teuku berharap penjagaan terhadap objek wisata pantai panjang dapat selalu terpantau. Tidak hanya oleh pemerintah tapi juga masyarakat.

Seperti diketahui, kondisi disekitar lokasi wisata pantai panjang cukup memprihatinkan. Tumpukan-tumpukan sampah yang berserakan terlihat sangat mengganggu pemandangan. (alwin)