Patriana Sosialinda : Dari Hoby, Cinta dan Manfaat

Patriana Sosialinda.
Patriana Sosialinda.

KOTA BENGKULU – Srikandi politik satu ini benar-benar bisa menjadi inspirasi. Selain memiliki mental baja, sosok satu ini juga dikenal sebagai karakter yang ramah dan lemah lembut pada siapa saja yang beliau jumpai.

Adalah Patriana Sosialinda, calon wali Kota Bengkulu yang sebelumnya telah menjadi wakil wali Kota Bengkulu, selama lima tahun bersama H. Helmi Hasan.

Ibu tiga anak ini sukses dengan komitmen sederhana, bahwa hidupnya ingin berguna untuk orang lain. Komitmen ini ia wujudkan dalam keterlibatanya di dunia perpolitikan Bengkulu.

”Saya hanya ingin hidup saya berguna untuk orang lain, kita butuh panggung dan ruang, dan kita harus berada disana,” ucap Patriana saat bercerita dengan jurnalis bengkulunews.co.id di sela waktu luang nya usai acara silahturahmi dan pamitan sebagai wakil walikota di Balai Kota Bengkulu, Kamis (18/1/2018).

Wanita kelahiran Curup 52 tahun silam ini bercerita, awal dirinya bisa terjun ke dunia politik, karena merasa menjiwai dan cenderung menjadi hobi. Ia berujar, bahwa targetnya menempuh jalur politik hanya untuk membuka ruang manfaat bagi masyarakat.

”Saya masuk ke dunia politik, karena saya merasa menjiwai bidang ini, lama kelamaan menjadi hobi, saya hanya ingin menjadikan ruang politik ini sebagai ruang yang bermanfaat,” katanya.

Tidak ketinggalan, perempuan yang akrab disapa Linda ini bercerita, bahwa kesuksesan yang dirinya raih saat ini, tidak terlepas dari peran orang tua yang mendidik ia dengan penuh ketauladanan sedari dirinya kecil.

Memiliki ayah seorang birokrat dan juga berprofesi sebagai guru/pendidik, membuat Patriana dididik tidak hanya dengan ucapan tetapi dengan ketauladanan. Kondisi ini membuatnya dibekali semangat untuk menjadi perempuan yang tangguh ditengah dominasi laki-laki dalam kancah politik.

”Ayah mendidik kami tidak hanya dengan ucapan tetapi juga ketauladanan, ketauladanan ini yang kemudian terekam semua, sebagai bekal menyiapkan dan membentuk karakter kami secara personal,” ujar ketua DPD partai Golkar tersebut.

”Beliau selalu mengatakan, kita harus tau apa, siapa, dan dimana kita, sebagai acuan bersikap sesuai tempat dan kondisi,” sambungnya.

Dan kebiasaan tersebut hingga kini tetap Patriana terapkan di keluarga kecil nya.

”Kalau kebiasaan yang sudah membudaya, itu sudah menjadi kepribadian, karena pola pikir dan hati sudah lekat dengan nilai-nilai yang tertanam dari kita kecil,” tutup Patriana.

Profil Patriana Sosialinda

Nama : Patriana Sosialinda

TTL : Curup, 25 November 1965
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Alamat : Jl. Sedap Malam No. 26 A kel. Nusa Indah.
Suami : Erdiwan, SH., Ms.i

Nama Anak :
Putri Ramadhani
M. Rizzky Muharram (Alm)
Elitsah Jumadil Tsaniyah

Riwayat Pendidikan :
SDN 1 Kota Bengkulu
SPM Sint Carolus Kota Bengkulu
SMA N 1 Kota Bengkulu
Universitas Bengkulu

Karir Politik :
1. Anggota Dprd 2004-2009
2. Wakil Ketua Dprd Kota Bengkulu 2009-2012
3. Wakil wali Kota Bengkulu 2013-2018

Baca Juga
Tinggalkan komen