Logo
Dempo Xler

Panwaslu Pastikan Tidak Ada Pelanggaran Saat Pencoblosan

Panwaslu Pastikan Tidak Ada Pelanggaran Saat Pencoblosan

BENGKULU TENGAH, bengkulunews.co.id – Dari hasil pengawasan pihak Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslu) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), saat pencoblosan Rabu (15/2/2017) lalu dipastikan tidak ditemukan adanya pelanggaran.

Artinya pelaksanaan pencoblosan di 213 Tempat Pemungutan Suara (TPS) berlangsung aman dan kondusif.

Komisioner Panwaslu Benteng, Albert Satya Jaya mengatakan, hasil laporan dari seluruh pengawas dari tingkat desa hingga kabupaten, tidak ditemukan adanya pelanggaran pada hari pencoblosan.

Ia mengatakan, terutama dalam proses penghitungan suara berjalan dengan tertib. Dimana anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjalankan tugas penghitungan suara dengan disaksikan oleh tiga saksi Pasangan Calon (Paslon).

‘’Hari pencoblosan tidak ada ditemukan pelanggaran apapun. Mulai dari pencoblosan yang dilakukan para pemilih hingga penghitungan suara olah KPPS dihadapan saksi,’’ ujar Albert.

Albert menyampaikan seluruh pengawas dikerahkan untuk melakukan pengawasan.

Ia mengatakan hal ini tidak lepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat Benteng yang menginginkan adanya kelangsungan hari pencoblosan berjalan dengan tertib dan teratur.

‘’Tidak lepas dari peran masyarakat Benteng yang menggunakan hak suaranya di TPS secara tertib yang menghasilkan suasana yang kondusif,’’ ungkap Albert.

Sementara itu, Ketua Panwascam Taba Penanjung, Masrizal Derpanus mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Taba Penanjung suasana pencoblosan berjalan lancar.

Baik dari masyarakat tidak ada menimbulkan sikap dan perilaku yang memicu kericuhan.

‘’Tahapan berlangsung aman dan lancar. Tidak ada laporan pelanggaran pada pencoblosan ataupun penghitungan suara,’’ pungkas Masrizal.