Logo

Nikmati Malam di Bengkulu, Presiden Kunjungi Festival Tabut 2023

Presiden RI Joko Widodo didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah hadir pada rangkaian Festival Tabut Bengkulu 2023, di Lapangan Merdeka Bengkulu, Rabu (19/07) malam.

Tampak antusias masyarakat menyambut kehadiran Presiden Jokowi. Presiden Jokowi menyempatkan berfoto dengan peserta festival dan pengunjung serta membagikan beberapa kaos.

Kedatangan Jokowi disambut riuh pengunjung. Bahkan orang nomor 1 di Indonesia ini dielu-elu saat naik ke atas panggung utama.

Presiden Jokowi hadir didampingi Menteri PUPR dan sejumlah pejabat lainnya. Jokowi datang mengenakan stelan kasual, perpaduan kaos lengan panjang berwarna coklat kekuningan dan celana jeans hitam plus sepatu kets.

Dari atas panggung, Presiden menyapa warga dengan melambaikan tangan ke semua penjuru suara yang menyebut-nyebut namanya. “Pak Jokowi. Pak Jokowi. Sini pak,” teriak pengunjung.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyaksikan penabuhan musik khas Bengkulu, dhol, yang ditampilkan para pelajar SD di Bengkulu.

Dalam kesempatan ini Presiden Jokowi yang terlihat senang sempat membagikan kaos kepada para penonton di arena Festival Tabut. Presiden juga meninjau sejumlah pelaku UMKM yang memadati arena bazar di Festival Tabut 2023.

Tiba sekira pukul 19.15 WIB, Presiden Jokowi yang mengenakan kaus berwarna cokelat lengan panjang disambut antusiasme masyarakat yang hadir di sana. Presiden pun tampak melambaikan tangan untuk menyapa para pengunjung sambil berjalan untuk berkeliling di area festival.

Ketika berkeliling, Presiden Jokowi tampak berhenti saat melewati penjual gulali dan membeli sebanyak lima gulali.

“Satu-satu, ini saya dua,” kata Presiden sambil bergurau seraya membagikannya kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang turut mendampingi Presiden dalam kunjungannya.

Setelahnya, Presiden pun mengeluarkan tiga lembar uang pecahan Rp50.000 kepada penjual tersebut.

“Alhamdulillah terima kasih, Pak,” kata penjual.

Selain berkeliling menikmati suasana festival, Presiden Jokowi juga beberapa kali berswafoto bersama masyarakat yang hadir meramaikan acara tersebut.

Sekira satu jam berada di sana, selanjutnya Presiden Jokowi meninggalkan area festival untuk kembali ke hotel tempatnya bermalam.

Presiden Jokowi Hadir di Festival Tabut 2023

Presiden dijadwalkan akan ada di Bengkulu hingga Jumat (21/7). Selain Kota Bengkulu, rencananya ia juga akan melawat ke sejumlah kabupaten. Di antaranya Bengkulu Tengah, Kepahiang, Bengkulu Utara, dan Seluma

Hari Kedua di Bengkulu, Presiden akan Resmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung

Sejumlah agenda menanti Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Bengkulu pada Kamis, 20 Juli 2023. Presiden Jokowi antara lain akan meresmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung di Kota Bengkulu.

Sebelum acara peresmian jalan tol, Presiden Jokowi akan terlebih dahulu meninjau SMK Negeri 2 Kabupaten Bengkulu Tengah. Selepas itu, Kepala Negara akan menuju Puskesmas Srikuncoro di Kabupaten Bengkulu Tengah untuk meninjau kegiatan Gerakan Bersama (Geber) Melawan Stunting.

Setelah meresmikan jalan tol, Presiden Jokowi diagendakan untuk membagikan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang di Pasar Kepahiang, Kabupaten Kepahiang. Selepas itu, Presiden akan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepahiang untuk meninjau fasilitas program BPJS dan perawatan TBC.

Pada siang harinya, Presiden Jokowi akan meninjau SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Agenda hari kedua Kepala Negara di Bengkulu diakhiri dengan peninjauan Pasar Minggu, Kota Bengkulu.