Logo

Mukomuko Tampak Maju, Dulu Daerah Tertinggal

MUKOMUKO – Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti mengatakan, Kabupaten Mukomuko saat ini sudah tampak maju dibandingkan beberapa tahun belakang yang masih tertinggal.

“Mukomuko menunjukkan progres dalam pembangunan, beberapa tahun kebelakang daerah ini sangat tertinggal namun seiring jalan terus menunjukkan kemajuan,” kata Nopian.

Hal itu disampaikan Nopian Andusti saat menghadiri Musrenbang di Kabupaten Mukomuko, pada Selasa (27/3/2018). Mukomuko menjadi daerah ke 8 yang melaksankan Musrenbag se-provinsi Bengkulu.

Nopian meminta Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) bukan sekedar acara pertemuan yang bersifat formalitas. Namun Musrenbang dijadikan dasar pemerintah daerah untuk mewujudkan janji politik kepala daerah kepada masyarakatnya dalam memajukan daerah.

“Arah rencana pembangunan dimatangkan. Jadi manfaatkan baik-baik setiap bahasan, kemajuan daerah tergantung hasil Musrenbang ini,” kata Nopian.

Kabupaten Mukomuko merupakan Kabupaten terjauh di Provinsi Bengkulu. Berada diujung perbatasan antara Bengkulu-Sumatera Barat menjadikan daerah ini sangat strategis.

Sebab itu, Sekda berharap Mukomuko berperan dalam event wisata menyongsong Wonderful Bengkulu 2020. Dia meminta agar pemerintah kabupaten memaksimalkan potensi wisata yang ada. Dia pun meyakini Mukomuko mampu memaksimalkan potensi wisata tersebut.

“Potensi wisata perlu dimanfaatkan agar wisatawan tertarik datang, sehingga daerah ini dikenal,” pungkas Sekda.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Mukomuko Haidir. Dia berharap musrenbang ini menghasilkan perencanaan pembangunan daerah yang matang dan sinkron dengan program pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu. Dan menyamakan pandangan atau persepsi dalam upaya mengurangi kemiskinan dan pemerataan pembangunan di daerah.

Dia berharap Musrenbang ini menghasilkan usulan program prioritas pembangunan daerah yang benar-benar bermanfaat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Karena Makmurnya Rakyat tergantung Pemerintah dalam menjalankan fungsinya dalam Menyusun Arah Pembangunan,” pungkas Haidir

Sebagaimanan diketahui, saat ini Pemerintah Provinsi Bengkulu sedang berupaya mewujudkan beberapa arah pembangunan. Beberapa diantaranya adalah Pengembangan Pelabuhan Pulau Baai menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Pelabuhan Bantal Mukomuko, Bandara Mukomuko, Bandara Fatmawati,

Selanjutnya, Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, Kereta Api Muara Enim-Pulau Baai serta Ekspor Produk Unggulan Daerah seperti Kopi, Sawit melalui Pelabuhan Pulau Baai.