Bengkulu News #KitoNian

Menonton Keseruan Motorcross ala Dude

BENGKULU TENGAH – Berbagai cara dilakukan warga demi memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI. Seperti yang terlihat di Desa Durian Demang (Dude) Kecamatan Karang Tinggi, Bengkulu Tengah. Warga disini menggelar lomba balap motor.

Balapan digelar tidak seperti biasa, lantaran dilakukan di atas medan berlumpur, layaknya motorcross. Warga menyebutnya dengan nama “Balap Motor Kubang” yang berarti balap motor berlumpur. Acara ini terbilang cukup meriah. Dibuktikan dengan banyaknya peserta hingga mencapai 50 pembalap.

“Peserta yang ikut cukup banyak, semua dari warga sini,” ujar panitia pelaksana, Irfan, Rabu (22/8/2018).

Dalam satu balapan, peserta dibagi menjadi empat sampai lima pembalap. Peserta diwajibkan mengelilingi lintasan berlumpur sebanyak lima putaran, sejauh 1 Kilometer. Dua pemenang pada tiap balapan akan diambil untuk ikut pada pada babak lanjutan, hingga final.

“Kegiatan ini sudah kita laksanakan sejak hari Minggu kemarin, babak final nanti diisi oleh pemenang dari tiap seri,” sambung Irfan.

Meskipun digelar secara sederhana, panitia lomba juga tidak lupa dengan keselamatan pembalap. Para pembalap diwajibkan mengenakan helm dan sepatu boot. Sedangkan motor yang digunakan berupa motor bebek kelas 110 cc yang telah dimodifikasi untuk melintasi medan berlumpur.

“Motornya standar, pakai helm sama sepatu. Kalau untuk yang nonton ada batas aman yang kita pasang dengan tali rafia,” demikian Irfan.

Baca Juga
Tinggalkan komen