Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Lima Tanda Mental Kamu Sedang Tidak Baik

Setiap orang mengalami masa-masa sulit dan membuat diri mereka merasa tertekan, terlebih jika berada di situasi buruk. Seperti kehilangan orang yang disayang, dibully atau dijauhkan dari lingkungan sekitar sehingga mengganggu kesehatan mental.

Adapun beberapa gejala bahwa mental anda sedang tidak baik-baik saja, menurut American Psychiatric Association :

  1. Ketakutan atau Kegelisahan Berlebih

Biasanya orang yang psikologisnya terganggu akan merasa takut, cemas, gelisah, gugup hingga panik berlebih mengenai hal kecil.

  1. Suasan Hati yang Berubah-ubah

Mereka yang psikologisnya terganggu biasanya memiliki perubahan suasana hati, seperti kesedihan Β mendalam, tidak bisa mengekspresikan kegembiraan, merasa putus asa, sering tertawa sambal menangis tanpa alasan jelas hingga pikiran untuk bunuh diri.

  1. Masalah Berfikir

Kemudian tanda selanjutnya adalah mereka lebih susah untuk berkonsentrasi atau memiliki masalah dengan daya ingat. Lebih susah untuk mengucapkan atau menjelaskan sesuatu.

  1. Perubahan Tidur atau Nafsu Makan

Selain itu kebiasan tidur dan makan juga berubah secara drastic dari biasanya. Tidur menjadi tidak menentu atau bahkan bisa tidak tidur semalaman, berat badan juga menurun lebih cepat karena pola tidak sesuai.

  1. Menarik Diri dari Lingkungan

Hal lainnya adalah menarik diri dari aktivitas luar, lebih suka menyendiri dalam waktu yang cukup lama dengan tatapan kosong. Juga berhenti tiba-tiba dari aktivitas yang sebelumnya dijalankan atau dinikmati tanpa sebab.

Penyebab gangguan mental tersebut biasanya disebabkan karena faktor biologis yang menyebabkan zat kimia di otak tidak seimbang. Kemudian juga bisa dari paparan zat tertentu yang masuk ke dalam rahim saat bayi dalam kandungan.

Bisa juga disebabkan faktor genetik atau keturunan dari orangtua hingga berdasarkan pengalaman hidup yang meninggalkan bekas luka amat mendalam. Mereka yang mengalami gangguan mental sebaiknya selalu diberikan perhatian dan dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut agar tidak terus mengganggu aktivitas hidupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen