Logo
Dempo Xler

Kurang Komputer, Hanya 6 Sekolah yang Siap Gelar UNBK

sekretaris

sekretaris

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan BS, Novianto, S.Sos, M.Si

bengkulunews.co.id –  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SMA sederajat tahun 2017 di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), masih terkendala dengan fasilitas sarana komputer yang dimiliki sekolah.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan, hanya 6 sekolah yang memiliki fasilitas komputer dengan jumlah memadai untuk menggelar UNBK. Diantaranya, SMP 1, SMA 1, SMA 2, SMA 7, SMA 8, dan SMK 1.

Menyikapi hal ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan BS, Novianto, S.Sos, M.Si, pihaknya beserta Dewan Pendidikan dan MKKS, sudah menghadap Bupati BS, Dirwan Mahmud terkait ini. Membahas usulan tentang legalitas sumbangan kepada orang tua murid, namun terkendala dengan adanya program sekolah gratis yang mengatur larangan pungutan dalam bentuk apapun kepada orang tua atau wali peserta didik.

“Iya, kemarin (24/01) kami sudah menghadap Bupati dan sepakat bahwa  sumbangan orang tua atau wali murid diperbolehkan yang akan digunakan untuk melengkapi fasilitas komputer, dengan catatan pihak sekolah tidak boleh menentukan nominal dan campur tangan dalam proses sumbangan,” ujar Novianto.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional RI menargetkan 70 persen sekolah seluruh Indonesia dapat menyelenggarakan UNBK pada tahun 2017. Tidak bersifat memaksa dan mengharuskan pihak sekolah untuk menyediakan fasilitas komputer sebagai sarana penunjang utama. (Heru)