Kota Bengkulu Prioritaskan Sektor Pertanian di 2019

Musrenbang Kota Bengkulu

KOTA BENGKULU – Pemerintah Kota Bengkulu memprioritaskan lima jenis pembangunan pada 2019 mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bengkulu, Riduan pada Musyawarah Rencana Pembangunan di salah satu hotel, Rabu (21/3/2018).

Lima prioritas tersebut antara lain, penguatan infrastruktur dasar perkotaan, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, peningkatan ekonomi melalui kemudahan investasi, industri, dan pariwisata, peningkatan hasil pertanian dan perikanan.

Namun, dari lima prioritas, pemerintah kota lebih mengkhususkan bidang pertanian dan perikanan.

“Peningkatan hasil pertanian ini, luas pengertiannya, bukan luasan yang akan kita tingkatkan tetapi hasil produksinya, misalnya seorang petani dalam satu hektar bisa hasilkan lima ton beras, bagaimanan kita tingkatkan menjadi enam ton, itu yang kita fokuskan,” ujarnya.

Dilanjutkan Riduan, terkhusus di bidang pertanian dan perikanan, pemerintah bukan menghitung perluasan tetapi hasil produksi dengan meningkatkan pendapatan. Ia mengaku, saat ini hasil produksi pertanian cenderung menurun, lantaran maraknya alih fungsi lahan menjadi perumahan ataupun perkebunan.

“Tetapi yang kita masukkan adalah peningkatan intensifikasi bagaimana fungsi perhetar itu bisa meningkat, nah begitu juga dengan yang lainnya, nanti kita juga akan membuat kegiatan yang bersifat meningkatkan hasil produksi nelayan,” demikian Riduan.

Baca Juga
Tinggalkan komen