Logo

Kapolda Ajak Media Siber dan DPRD Kota Bangun Sinergitas Sukseskan Pemilu 2019

BENGKULU – Kepolisian Daerah Bengkulu bersama Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu dan DPRD Kota Bengkulu menggelar silahturahmi membangun sinergitas Pemilihan Umum pada 2019 mendatang, Sabtu (17/11) malam di salah satu restorant di Kota Bengkulu.

Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Bengkulu, Coki Manurung dalam kesempatan tersebut menjelaskan, kegiatan yang digawangi oleh Polda Bengkulu tersebut merupakan program lanjutan dengan tujuan mengawal Pemilu aman dan damai. Karena menurut Coki, unsur-unsur yang sangat mempengaruhi jalannya pesta demokrasi adalah Kepolisian, Pemerintahan, dan Media.

“Ini salah satu program lanjutan, kemaren kita sudah ketemu dengan SMSI bersama OKP lainnya, sekarang ini kita bertemu lagi dengan DPRD, Kepolisian, Pemda, KPU, dalam rangka kita ingin menjaga situasi yang kondisif,” ujar Coki Manurung.

Lebih lanjut kata Coki, dalam hal pengamanan pemilu, kepolisian akan terus menggiring setiap proses persiapan pemilu tahun depan, terkhusus saat ini masa kampanye para Caleg Legislatif (Caleg) sudah dimulai, dan pelaksana kegiatan dalam hal ini KPU tengah memproses datangnya kotak suara dari pusat.

“Sekarang sudah tahap kampanye, kita telah mempersiapkan anggota kita ke lapangan, tapi sekarang dari KPU dalam rangka pengiriman logistik, kita melakukan pengawalan-pengawalan ini, dari pusat sampai ke provinsi, dari provinsi ke kabupaten,” jelas Coki.

Secara tegas Coki mengatakan, Polda yang memilik Cybercrime akan selalu memantau proses jalannya pemilu, dan secara berlanjut akan menerima setiap laporan masyarakat yang dianggap meresahkan proses pemilu, salah satunya black campaign (kampanye hitam).

“Kita sudah lakukan menggunakan Cyber, sampai sekarang memang belum menjurus ke pihak yang lain, secara tegas kita akan proses kalau memang ada,” tukasnya.

Sementara itu ketua SMSI Bengkulu Rahimandani menambahkan, SMSI sebagai pengantar informasi akan bersinergi bersama menjaga kondusifitas pesta demokrasi, dirinya juga berpesan kepada jurnalis untuk membagikan berita dan informasi yang berimbang kepada masyarakat agar tidak ada kesenjangan informasi dan kesalahpahaman di kalangan masyarakat.

“Mengajak kawan-kawan SMSI untuk menyampaikan kondisi Bengkulu yang kondusif, untuk jurnalis Bengkulu, sesuai dengan kaidah pers harus berimbang, faktual, dan akurat, jangan sampai menyampaikan berita hoax, akan selalu kita bina dan awasi sesuai undang-undang,” beber Rahimandani.

Diwaktu yang bersamaan pula, Wakil Ketua (Waka) II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain yang turut hadir juga memberikan apresiasi kepada SMSI dan Kepolisian yang telah memfasilitasi acara tersebut, dan berharap kegiatan tersebut terus berkelanjutan.

“Kedepan mudahn-mudahan acara ini akan terus dilakukan secara rutin dan berkala, sehingga hal-hal yang menjadi kendala bisa diselesaikan di kegiatan seperti ini,” demikian Teuku.