Bengkulu News

Jelang Bulan Puasa, Ini yang Dilakukan Masyarakat Kepahiang


KEPAHIANG, bengkulunews.co.id – Menjelang bulan ramadhan, banyak tradisi yang dilakukan oleh umat muslim di Indonesia. Salah satunya adalah ziarah ke makam keluarga atau nyekar.

Selain mendoakan keluarga mereka yang telah tiada, tradisi nyekar juga dimanfaatkan untuk merawat dan membersihkan makam.

Menjelang Ramadhan tahun ini, beberapa tempat pemakaman umum di Kabupaten Kepahiang, dipenuhi warga yang melaksanakan tradisi ini.

Salah satu peziarah Nyimas mengatakan, dirinya bersama keluarga, menjelang bulan ramadhan selalu berziarah ke makan keluarga. Untuk berdoa dan menaburkan bunga serta membersihkan makam.

”Kami tiap tahun selalu ziarah ke makam nenek kami, untuk membacakan yasin dan menaburkan bunga ke makam. Kami juga menyempatkan untuk membersihkan ziarah,” kata Nyimas.

Selain itu, sambung Nyimas, nyekar bukan tradisi, namun nyekar bisa dilakukan kapan saja untuk melakukan ziarah ke makam keluarga.

”Sebenarnya nyekar itu bukan tradisi, tapi karena ini sudah menjadi kebiasaan orang jelang ramdahan berziarah jadi nyekar dijadikan tradisi,” pungkas Nyimas.