Bengkulu News #KitoNian

Ini Tujuh Keunggulan Honda Smart Key New PCX 150cc

BENGKULU – Salah satu keunggulan Honda PCX produksi lokal adalah Honda Smart Key System. Kegunaan fitur ini yang utama adalah menghidupkan mesin sebagai pengganti kunci konvensional dalam artian, menghidukannya tidak perlu lagi memasukkan anak kunci, tugasnya kini digantikan remote dan knop pintar.

Cara pengoperasiannya cukup tekan tombol ON di remote paling bawah  yang bergambar anak kunci dan sebagai tandanya lampu indikator remote akan menyala warna hijau. Kemudian putar knop yang ada di dashboard PCX, putar ke posisi ON. Mesin otomatis menyala saat Anda tekan tombol starter dengan kondisi handel kanan rem ditekan.

Sebaliknya untuk mematikan mesin itu bisa dengan 4 cara. Cara pertama yang paling direkomendasikan adalah matikan mesin dengan memutar knop  yang ada di dashboard ke arah OFF dan tekan tombol OFF di remote yang bergambar anak kunci.

Cara kedua adalah dengan memutar knop yang ada di dashboard ke arah OFF dan tekan satu kali knop tersebut. Cara yang ketiga memutar knop yang ada di dashboard ke arah OFF dan bawa remote keluar jangkauan dari sepeda motor dengan jarak kurang lebih 2 meter. Cara yang ke empat memutar knop yang ada di dashboard ke arah OFF, maka remote akan non aktif setelah 20 detik.

Menariknya lagi, ternyata smart key system tidak hanya berfungsi untuk mengaktifkan mesin. Ada enam kegunaan lain yang dimilikinya, yang harus kita ketahui supaya tidak gaptek. Ingin tahu lebih dalam soal smart key system di PCX produksi lokal, berikut penjelasannya :

1. Immobilizer
Fitur keamanan ini biasanya ada di kendaraan roda empat atau mobil. Immobilizer dapat mengenali remote yang menjadi pasangannya, jika tidak sesuai maka mesin PCX tidak mau dihidupkan sama sekali.

2. Kunci Stang
Cara kerjanya persis seperti kunci stang di kunci konvensional. Hanya saja, kini bukan anak kunci yang diputar, melainkan knop yang ada di dashboard PCX. Cukup tekan dan putar ke posisi paling kanan, maka otomatis stang skuter Honda ini akan terkunci.

3. Buka Bagasi
Bagasi juga dibuka pakai smart key ini, caranya putar knop ke posisi dengan tulisan Seat Fuel. Kemudian tekan tombol pembuka jok yang ada di dashboard PCX sebelah kanan, otomatis bagasinya terbuka. PCX baru memiliki bagasi yang cukup canggih, dilengkapi stopper sehingga jok tidak menutup dengan sendirinya.

4. Buka Penutup Tangki Bahan Bakar
Teknik yang sama seperti membuka bagasi, digunakan untuk buka penutup tangki bahan bakar. Bedanya setelah knop diputar, tombol yang ditekan bertuliskan fuel di dashboard PCX. Posisi penutup tangki bahan bakarnya ada di antara posisi kaki pengendara.

5. Answer Back System
Remote smart key system juga berfungsi sebagai answer back system. Gunanya untuk mencari kendaraan saat di lokasi parkir dengan jarak  ±20 meter dari motor. Cukup tekan tombol paling atas berlambang motor yang ada di remote, maka PCX Anda akan menyala lampu seinnya dan bersuara untuk memberitahu posisi sepeda motor.

6. Alarm
Selain immobilizer, fitur keamanan lain di Honda PCX produksi lokal adalah alarm. Anda bisa mengaktifkannya dengan menekan tombol berlambang klakson yang ada di remote smart key system. Bila ada tangan jail yang berusaha mencuri PCX Anda dengan memindah posisi sepeda motor atau ada getaran dan posisi alarm aktif, maka alarm akan berbunyi dan lampu sein akan menyala.

Baca Juga
Tinggalkan komen