Logo

Ingin Mendunia, IAIN Bengkulu Tingkatkan Bahasa Arab Mahasiswa

Pembukaan SIMBA ke V yang ditandai dengan pelepasan balon oleh Rektor IAIN Bengkulu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (IAIN) menjadi tuan rumah dalam perayaan Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab (Simba) se-Sumatra ke V dan Musabaqah Al-Lughah Al-‘Arabiyah IAIN Bengkulu, Rabu (3/5/2017). Dalam kegiatan ini IAIN Bengkulu mengundang ahli bahasa Arab, Dr. Mohammad Azhar, Ph. D (c) dari Universitas Jaharlal Nehru, India, yang juga sebagai pemateri seminar internasional tentang bahasa Arab.

Dikatakan Mohammad Azhar, manfaat bahasa Arab bukan hanya sebagai bahasa agama saja, tetapi juga bermanfaat pada bidang lain.

“Saat ini bahasa Arab sudah menjadi bahasa global. Bahasa Arab juga termasuk bahasa resmi dari enam bahasa dalam organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Untuk itu, dengan ini mahasiswa/i IAIN harus menguasai bahasa ini dengan baik agar bisa berkomunikasi secara global,” katanya.

Bila mahasiswa/i IAIN menguasai bahasa Arab artinya dapat menghubungkan Indonesia dengan negara lain di dunia selain Arab.

“Tidak hanya itu, dengan bahasa Arab kita juga bisa mendapatkan uang. Karena perusahaan di dunia banyak yang menggunakan bahasa Arab,” ujarnya.

Di sisi lain, Rektor IAIN Bengkulu, Dr. H. Sirajuddin menyampaikan ungkapan apresiasinya dengan kegiatan ini. Selain juga, bahasa Arab adalah bahasa Agama Islam.

“Ini adalah ajang meraih prestasi khususnya bidang bahasa Arab. Menghidupkan bahasa Arab sama juga dengan menghidupkan Al-Quran,” ungkapnya.

Simba ke V dibuka oleh Rektor IAIN Bengkulu yang ditandai juga dengan pelepasan balon.

Banyak kegiatan yang dilaksanakan. Seperti seminar internasional, pentas seni, lomba pidato bahasa Arab, bercerita bahasa Arab, debat dan yang lainnya hingga 5 Mei mendatang.

Sebanyak 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatra, diantaranya Jambi, Aceh, Riau, Padang, Palembang dan yang lainnya. Ada 289 peserta dari 10 kontingen ini. (adv/Hady)