Logo
Dempo Xler

Humas Pemerintahan di Bengkulu Dipengaruhi untuk Sukseskan Program BKKBN

Humas Pemerintahan di Bengkulu Dipengaruhi untuk Sukseskan Program BKKBN

 

Plt Kepala BKKBN Cabang Bengkulu, Iskandar, SE, didampingi tim dari Media Center Provinsi Bengkulu, Abdul Kahfi

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Posisi seksi Hubungan Masyarakat (Humas) di dalam pemerintahan memiliki tugas untuk menyebarkan informasi tentang kebijakan program dan kegiatan-kegiatan lembaga pemerintah kepada pemerintah pusat dan masyarakat.

Termasuk humas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang bertugas menyebarkan informasi tentang kebijakan program dan kegiatan-kegiatan BKKBN agar semakin dikenal dan sukses diterapkan di masyarakat.

Biro Umum, Humas dan Protokol Setda Provinsi Bengkulu melalui Kasubag Humas Jimi Haryanto SPt mengatakan Humas BKKBN memiliki peran penting dalam mendukung program BKKBN yaitu program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Humas dalam BKKBN juga berperan penting dalam mensukseskan program yang diadakan dan gencar digaungkan oleh BKKBN,” ungkapnya pada Forum Koordinasi Kehumasan yang digelar BKKBN Provinsi Bengkulu di Besurek Room Santika Hotel Bengkulu, Rabu (5/4/2017).

Ia mengatakan, setiap lembaga pemerintahan tentu memiliki programnya masing-masing termasuk BKKBN, kemudian pihak BKKBN melalui layanan informasi atau humas dapat menyebarluaskan informasi ke media serta ke masyarakat luas melalui spanduk atau media cetak atau yang lebih instant dapat melalui media sosial seperti twitter dan facebook serta dapat menggunakan website.

“Semua program kerja yang dimiliki BKKBN akan disebarluaskan dan diinformasikan kepada masyarakat melalui humas, disinilah peran penting humas,” terangnya.

Menurutnya, humas menjadi bagian penting yang tak terpisahkan untuk  menyukseskan program-program yang diadakan BKKBN, humas bertujuannya agar setiap kegiatan yang dilakukan oleh BKKBN dapat dipublikasi dan dirilis ke seluruh media lokal dan nasional agar masyarakat mengetahui program dan kegiatan yang dilakukan.

“Humas inilah salah satu yang berperan penting untuk kesuksesan pelaksanaan program-program yang dilakukan dengan menyebarluaskan informasinya kepada masyarakat,” tambahnya.

Tujuan publikasi informasi sebagai evaluasi agar pelaksanaan program pembangunan kependudukan dan Keluarga Berencana yang merupakan salah satu modal pokok yang sangat strategis bagi investasi pembangunan SDM dan kesejahteraan rakyat.

 

“Dengan adanya publikasi dari humas di pemerintahan khususnya humas di BKKBN Kegiatan yang dilakukan oleh BKKBN menjadi penting dan sangat strategis,” jelasnya.

Tak hanya publikasi terkait program, humas BKKBN juga harus menyertakan video saat merilis berita sehingga mencegah adanya komplain terhadap data bisa dibuktikan.

“Dalam rilis data biasanya humas BKKBN juga memiliki video agar kekauratan data semakin terjamin,” sambungnya.

Sementara itu, Plt Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu, Iskandar. SE. menyatakan, dengan menyebarkan informasi ataupun melakukan pemberitaan  dapat  menjadi tahap evaluasi program kependudukan dan KB sehingga program yang secara langsung dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan program-program lainnya, seperti ketersediaan lapangan pekerjaan, layanan pendidikan, dan kesehatan.

“Melalui peran humas, maka kita bisa melakukan evaluasi program yang sudah dilaksanakan BKKBN,” tambahnya.

Diakuinya, keberhasilan program kependudukan dan KB memang tidak terlihat secara nyata dalam waktu yang singkat, selain itu juga membutuhkan penyelarasan kebijakan antar bidang/sektor untuk saling menjaga komunikasi antar humas BKKBN kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

“Dengan membagi informasi membuat program yang dijalankan tersebut menjadi terarah strategis bagi pembangunan manusia Indonesia dan kesejahteraan rakyat di masa depan,” tutup Iskandar.

Forum koordinasi humas tersebut dihadiri oleh Humas Pemerintah Provinsi Bengkulu, Humas Dinas OPD Kabupaten/kota Bengkulu, humas OPD Keluarga Berencana Kabupaten/kota Bengkulu, Humas Polda Bengkulu, Humas Korem, Jurnalis, dan Instansi Vertikal lainnya.