Logo

Helmi-Dedi Ciptakan Motif Batik Besurek Harapan-Doa

KOTA BENGKULU – Kota Bengkulu saat ini memiliki pola motif kain besurek terbaru, motif ini digagas langsung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu. Motif tersebut dinamakan motif HD (Hidayah dan Doa).

Wakil Wali Kota (Wawali) Bengkulu, Dedi Wahyudi menjelaskan, motif HD merupakan tambahan kreatifitas untuk corak batik besurek. Diluar itu, siapapun memiliki hak menambahkan corak terbaru di pola batik besurek sesuai kreatifitas masing-masing.

“Ini sesuai kreatifitas, karena pak wali meminta bagaimana para pengrajin dan OPD itu memiliki respon dan kreatifitas, maka salah satunya mencoba menggagas harapan dan doa (HD)” ujar Dedi Wahyudi usai melaunching pola batik besurek HD, Minggu (11/10).

Ditambahkan Dedi, motif batik besurek HD hanyalah tawaran diantaranya banyaknya motif batik besurek yang ada, serta tidak ada paksaan bagi pengrajin untuk harus menggunakan motif tersebut.

“Dari beberapa variasi, ini ada tawaran lain, artinya boleh semua berkreasi, kalau ada yang menciptakan motif terbaru tidak apa-apa karena semakin banyak yang berkreatifitas semakin kaya khasanah kita,ini cuma motif saja tidak ada yang beda” bebernya.

“Tidak ada pengharusan untuk memakai motif ini ya, ini hanya untuk memperkaya khasanah, contoh kalau ada yang ingin menambah motif selengek, ya tidak apa-apa,” demikian Dedi.