Hari Bahasa Arab, Mahasiswa IAIN Gelar Aksi Damai

Bengkulu – Puluhan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menggelar aksi damai di simpang lima Kota Bengkulu, Senin (18/12/2017). Aksi ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia yang ditetapkan oleh UNESCO PBB.

Dikatakan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Bengkulu, Muhammad Hidayaturahman, aksi ini dilakulan sebagai bentuk sosialisasi bahasa Arab kepada masyarakat Bengkulu.

“Juga sebagai bentuk kecintaan kami kepada bahasa Arab, ini menunjukkan bahwa bahasa Arab ini juga layak diperhitungkan di dunia,” katanya.

Muhammad Hidayaturahman menambahkan, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa di dunia yang ditetapkan sebagai bahasa internasional. Dengan aksi ini, ia berharap agar bahasa Arab dapat diutamakan di tengah-tengah masyarakat, khususnya yang menganut agama Islam.

Aksi ini juga disertai dengan pawai bahasa arab, beserta kegiatan-kegiatan lain yang telah dimulai pada Jumat (15/12/2017).

“Bahasa Arab ini bahasa yang perlu dipelajari karena ini bahasa yang digunakan khususnya oleh orang-orang yang beragama Islam. Selain aksi kami juga sudah pembukaan, trus ada perlombaan-perlombaan lain,” ungkapnya.

Dijelaskan Muhammad, saat ini perkembangan bahasa Arab di Bengkulu belum begitu pesat. Ini dikarenakan pelajaran bahasa Arab baru sebatas ilmu yang dipelajari di kampus. Sehingga, pemahaman bahasa Arab di masyarakat masih tergolong minim.

“Kalau di IAIN, dikampus Islam sudah mulai, tapi di sekolah-sekolah itu masih kurang karena baru beberapa saja yang ada pelajaran bahasa Arabnya,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen