Bengkulu News #KitoNian

Gejala dan Cara Mencegah Penularan Covid-19 Varian Omicron

Ilustrasi. Berita Satu

BENGKULU – Angka kasus positif Covid-19 di Bengkulu mengalami kenaikan. Dari data terakhir Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, per tanggal 10 Februari 2022, penambahan kasus positif sebanyak 55 pasien.

Jumlah total positif Covid-19 di Bengkulu kini menjadi 303. Dari angka tersebut, 3 orang warga Bengkulu dinyatakan positif terpapar varian omicron.

Dua kasus terkonfirmasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) sementara satu orang lagi tercatat sebagai Ibu Rumah Tangga. Ketiganya diduga terpapar saat melakukan perjalanan ke Jakarta.

Varian Omicron masuk ke Indonesia diduga berasal dari warga negara Indonesia (WNI) yang tiba dari Nigeria pada tanggal 27 November 2021. Di dunia, virus varian omicron pertama kali teridentifikasi di Afrika Selatan.

Gejala dari virus ini termasuk ringan jika dibandingkan dengan varian Delta. Pasien Omicron umumnya mengalami gejala ringan seperti flu biasa, seperti nyeri otot, kelelahan ekstrem, tidak enak badan dan sakit kepala.

Sementara varian Delta memiliki gejala lebih berat, yakni demam, batuk, sesak nafas, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, kehilangan indera penciuman (anosmia), sakit tenggorokan, muntah, diare, dan hidung tersumbat atau pilek.

Penyebaran varian omicron bisa dicegah melalui menjaga jarak fisik minimal satu meter dari orang lain, memakai masker, membuka jendela untuk meningkatkan sirkulasi udara, hindari keramaian atau ruang berventilasi buruk, menjaga tangan tetap bersih serta mengikuti vaksinasi.

Baca Juga
Tinggalkan komen