Fitur Terbaru Telegram di Awal Tahun 2023

Fitur Terbaru Telegram di Awal Tahun 2023

Tangkapan layar telegram

Telegram kembali merilis berbagai fitur terbaru pada awal tahun 2023, diantaranya adalah fitur mengaburkan teks dan file media dalam tampilan chat sehingga meminimalisasi kebocoran atau spoiler.

Selain itu Telegram juga menyuguhkan dengan grafik diagram untuk menunjukkan visual penggunaan memori. Pengguna dibantu untuk mengamankan kapasitas penyimpanan perangkat dari file yang mungkin tidak begitu penting.

Kabarnya fitur ini telah dirilis sejak tanggal 30 Desember 2022 lalu dan dapat dinikmati baik pengguna Android maupun IOS.

Lantas seperti apa penjelasan fitur tersebut? mari simak.

1. Menyembunyikan Media

Pembaharuan terbaru dari Telegram salah satunya adalah menghadirkan fitur yang mendukung format anti-spoiler.

Dengan fitur ini telegram akan menyamarkan teks, foto maupun video dengan “lapisan” yang tampak berkilau.

Pengguna bisa menggunakan fitur ini dengan cara memilih opsi ‘Hide with Spoiler”, sebelum mengirimkan file yang diinginkan.

Nantinya penerima pesan perlu mengetuk file anti-spoiler terlebih dahulu, sehingga file baru bisa dibuka dan terlihat dengan jelas.

2. Menghemat Memori

Telegram membantu pengguna dalam menghemat memori, dengan melengkapi diagram yang memvisualisasikan kapasitas memori yang digunakan aplikasi.

Nantinya pengguna bisa meliat file apa saja yang paling banyak memakan ruang penyimpanan, dari kapasitas besar hingga paling minim.

Fitur tersebut membantu pengguna menghapus file yang memiliki kapasitas besar hanya dalam beberapa Langkah.

3. Menggambar dengan Alat Terbaru

Fitur selanjutnya adalah edit gambar di Telegram, dengan sejumlah alat baru. Pengguna dapat mengubah ukuran teks, mengubah font, menambahkan efek buram, hingga penambahan emoji animasi.

Ditambah tomob ‘+’ dihadirkan bagi pengguna untuk menambah item lain pada gambar, seperti persegi panjang, panah, bintang dan berbagai item lainnya.

4. Foto Profil Khusus

Sudah menjadi hal yang biasa dalam mengganti foto profil sendiri. Tapi bagaimana jika pengguna bisa mengganti foto profil akun orang lain.

Akan tetapi praktik ini hanya bisa ditampilkan khusus bagi pengguna terkait, bukan untuk pengguna lainnya.

Contohnya jika pengguna mengganti foto profil pasangannya dengan foto lain, maka foto tersebut hanya akan berubah dari aplikasi Telegram anda saja.

Sedangkan bagi kontak lainnya, gambar profil tersebut hanya menampilkan foto asli dari pasangan pengguna.

Pengguna bisa menemukannya pada menu Profil kontak – Edit – Atur Foto untuk (set photo for) pada kontak terkait di Telegram.

Selain itu pengguna juga bisa mengatur foto profilnya bisa dilihat oleh semua kontak atau hanya kontak tertentu. Opsi ini tersedia di Telegram dengan cara klik pengaturan – Privasi dan Keamanan – Foto Profil.

5. Sembunyikan Anggota Grup

Admin grup Telegram saat ini dapat menggunakan fitur untuk menyembunyikan daftar anggota. Akan tetapi fitur ini hanya berlaku untuk grup dengan 100 anggota lebih, dengan adanya fitur ini hanya admin saja yang bisa mengetahui siapa angotanya didalam grup. Kecuali jika mereka mengirim pesan di grup.

6. Emoji Baru

Fitur yang tidak kalah menarik lainnya adalah adanya emoji baru. Namun pengguna Telegram Premium akan mendapatkan 10 paket emoji animasi.

Item tersebut dapat ditemukan pengguna melalui tab emoji di panel stiker Telegram. Tidak hanya itu Telegram juga memberikan polesan emoji reaction menjadi lebih interaktif.

Apakah anda sudah mengupdate Telegram? Jika belum segera upgrade untuk menikmati fitur-fitur terbaru tersebut.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen