Bengkulu News #KitoNian

DPRD Minta Pemerintah Reboisasi Hutan agar Hewan Liar Tidak Masuk Pemukiman Warga

BENGKULU – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Suimi Fales menuturkan munculnya harimau di Malin Deman Kabupaten Mukomuko akibat penggundulan hutan secara ilegal. Sehingga harimau terpaksa menuju pemukiman warga untuk bertahan hidup, dengan memakan ternak.

Suimi menegaskan jika penggundulan atau pembersihan lahan terus dilakukan, maka akan lebih banyak satwa liar yang masuk permukiman.

“Sekarang inikan hutan belantara maupun lindung sudah habis, dirampas semua oleh manusia. Sehingga habitatnya sudah terganggu betul, mau kemana lagi mereka mencari makan kalau bukan ke pemukiman,” kata Suimi pada Bengkulunews.co.id Selasa (01/08/23) siang.

Ia meminta agar pemerintah dapat mengatasi permasalahn yang telah lama menjadi kendala masyarakat. Suimi juga meminta warga selalu waspada, dalam menjalankan aktivitas.

Ia berharap masyarakat terkhusus pemerintah untuk melakukan reboisasi lahan hutan yang sudah gundul. Serta menindaklanjuti penggundulan hutan secara ilegal, sehingga satwa liar dapat terjaga dalam habitatnya.

“Tentunya pertama-tama kita mengimbau warga untuk lebih waspada, kemudian dalam hal ini pemerintah tidak bisa diam. Pemerintah harus bertindak dan mencari solusi, jangan menebangi hutan-hutan. Selanjutnya melakukan reboisasi,” tutup Suimi.

Baca Juga
Tinggalkan komen