Logo

DLH Tempatkan Petugas Setiap Kontainer Sampah

Sampah roda tiga saat membuang sampah di kontainer sampah Pasar Minggu

Sampah roda tiga saat membuang sampah di kontainer sampah Pasar Minggu

Sampah roda tiga saat membuang sampah di kontainer sampah Pasar Minggu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu akan menempatkan petugas di beberapa kontainer sampah yang ada di Kota Bengkulu. Hal ini dilakukan, karena banyak oknum yang melanggar dan membuang sampah tidak sesuai tempat.

Kepala Bidang Penanganan Sampah dan Limbah B3 DLH Kota Bengkulu, Rusman Effendy, S.Stp, MM, penempatan petugas bukan tidak punya alasan, melainkan untuk menghindari kecurangan dan pelanggaran. Seperti halnya yang sering terjadi di kontainer jalan Bangka, Pasar Minggu.

“Sudah berulang kali kami sampaikan kepada sampah roda tiga dan sampah gerobak jangan membuang sampah di kontainer, melainkan di TPA Air Sebakul. Pihak LPM kan komersil, mendapatkan keuntungan dari retribusi yang dikumpulkan dari warga,” ungkapnya.

Pemerintah sudah melarang keras dan melayangkan surat, bahkan sepanduk larangan sudah terpasang di setiap kontainer. Namun tetap saja melawan dan tidak mengindahkan larangan.

Pantauan bengkulunews.co.id, titik yang ditentukan, memang sering kali dimanfaatkan oleh oknum luar juga, yang sebenarnya tidak boleh membuang sampah di area yang bukan areanya.

“Dengan ada petugas nantinya, kami bisa memantau kecurangan yang terjadi dan akan menjatuhkan sanksi terhadap pelanggar, seperti sampah roda tiga, kami akan menahan kendaraannya bila melanggar,” pungkasnya.