Logo

Dewan Usul Puskesmas Kampung Bali Segera Pindah, Ada Apa?

KOTA BENGKULU – Anggota Dewan komisi 1 DPRD Kota Bengkulu, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota untuk segera memindahkan lokasi Puskemas Kampung Bali. Sebab ruas jalan puskesmas tersebut dinilai terbatas dan sulit dilewati kendaraan roda empat.

“Lokasi ini tidak layak, dengan beberapa kendala, kalau ada pasien yang mendadak membutuhkan pertolongan,  akses jalannya sulit,” ujar anggota komisi 1, Yani Setianingsih, saat sidak puskesmas Kampung Bali bersama Dinkes Kota, Senin (8/10). 

Lokasi pemindahan puskesmas Kampung Bali itu diberi dua pilihan, yaitu pos Pantai Zakat atau gedung Kesbangpol milik Pemerintah Provinsi Bengkulu. Namun beberapa dewan menyetujui dan memilih gedung Kesbangpol sebagai lokasi yang tepat untuk pemindahan puskesmas Kampung Bali.

“Ada dua alternatif pilihan, Kesbangpol dan pantai, tapi kami di komisi lebih cenderung ke Kesbangpol, karena disana aksesnya lebih ke pusat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis)  kesehatan Kota Bengkulu, Susilawaty menjelaskan, lokasi puskesmas Kampung Bali susah untuk dijadikan pertolongan cepat bagi masyarakat karena akses jalan yang melewati tangga dan pemakaman.

Hal lain juga, mobil tidak bisa masuk ke dalam lokasi, sehingga masyarakat yang cenderung menggunakan alat bantu jalan seperti kursi roda lebih sulit untuk mencapai puskesmas.

“Ini lewat tangga-tangga, masjid, lewat pemakaman, sehingga tidak memungkinkan untuk pertolongan cepat kepada masyarakat, kemarin kami sudah membuat proposal dan sudah di respon sama Sekda kita, bahwa kami segera pindah sementara di Kesbangpol, sambil berproses pengusulan status tanah,” jelas Susilawaty.