Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Dewan Provinsi Ingatkan Calon PLT Walikota Bengkulu Jangan Lampaui Wewenang

Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi (dari kiri)

BENGKULU – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Sumardi meminta siapapun yang menjabat sebagai Penjabat Wali Kota Bengkulu nantinya dapat bersinergi dengan visi gubernur Bengkulu. Ucapan Sumardi ini menyusul akan berakhirnya periode Walikota Helmi Hasan pada September mendatang.

“Penjabat Walikota ini nantinya selain dapat menjalan Visi misi Gubernur juga diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik bersama kepala OPD,” ucap Sumardi, Senim (3/07/2023).

Ia juga mengingatkan batasan tentang kerja pelaksana tugas atau penjabat kepala daerah. Diantaranya tidak bisa melakukan mutasi pegawai di lingkup pemerintahan dan membuat kebijakan strategis baru.

“Kewenangan PLT sangat terbatas, salah satunya tidak bisa melakukan proses mutasi di lingkungan pemerintahan,” kata Sumardi.

f4867d9d 3939 45f1 bc87 ee885572f4ec
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Sumardi. Foto, Dok.

Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu, Helmi Hasan dan Dedy Wahyudi secara resmi akan berakhir pada 24 September 2023 mendatang. Sejauh ini belum ada nama yang diusulkan untuk menjadi pelaksana tugas baik dari DPRD Kota Bengkulu, ataupun dari Pemprov Bengkulu.

“PLT tidak bisa mengambil kebijakan dan keputusan starategis selama Walikota dan wakil walikota terpilih. Kewenangan PLT ini juga terbatas sebàgaimana di atur dalam undang undang,” ujar Sumardi.

“Itu harus diketahui siapapun menjabat Plt Walikota nantinya. Karena jika mengambil keputusan harus berkonsultasi kepada Gubernur dan Kemendagri,” pungkasnya. (Advetorial)

Baca Juga
Tinggalkan komen