Logo

Dekranas Pusat: Pembinaan Dewan Kerajinan Hanya Fokus pada Kriya dan Wastra

BENGKULU –Anggota Bidang Daya Saing Dekranas Pusat, Tri Reni Budiharti menuturkan bahwa ada beberapa hal yang harus dikembangkan oleh para pengerajin di Bengkulu.

Terutama fokus utama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Bengkulu, terhadap produk apa saja yang memang wajib dibina. Melihat bahwa beberapa produk kuliner ikut masuk dalam pembinaan Dekranasda.

Kadis Disperindag Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful dan peamteri dari anggota bidang daya saing dekranasda pusat, Tri Reni Budhiharti. Foto, CIndy/BN

“Jadi ada beberapa hal yang harus dikembangkan oleh dekranasda. Karena ada hal-hal yang tidak sesuai terutama dalam pembinaan selalu mengikut sertakan kuliner. Padahal tidak seperti itu, yang benar adalah pembinaan dewan kerajinan terkait hasil kriya dan wastra,” kata Tri Reni pada Bengkulunews.co.id Rabu (28/06/23) siang.

Ia menginginkan agar Dekranasda dapat benar-benar melakukan pembinaan terhadap produk hasil kriya dan wastra yang memang merupakan maha karya dari kerajinan. Adapun menurutnya karya karya yang di hasilkan pengerajin Bengkulu, memilik nilai yang cukup bagus.

Walau ada beberapa hal yang harus ditingkatkan, agar produk tersebut dapat menembus pasar secara nasional.

“Untuk karya karya mereka ini sudah bagus tapi perlu di tingkatkan lagi, agar produk di Bengkulu bisa tembus secara nasional,” tegasnya.

Adapun Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful menambahkan bahwa Industri Kecil Menengah atau Usaha Mikro Kecil Menengah di Bengkulu yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan (kriya) maupun kerajinan kain tradisoinal (wastra) dapat ditampung dengan baik oleh Dekranasda.

Sehingga dapat membantu mengembangkan produk dengan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat maupun pemerintah.

“Jadi kita menginginkan umkm/ikm ini yang  mau bergerak di bidang kriya dn wasra bisa berkembang. Supaya menghasilkan produk-produk yang bisa dimanfaatkan masyarakat maupun pemerintah,” demikian Yenita. (Advetorial)