Cara Ubah TV Analog Jadi TV Digital

Cara Ubah TV Analog Jadi TV Digital

Penulis : Cindy

TV Digital, Ilustrasi. BN

Diera serba teknologi ini, masyarakat dapat mengakses informasi apapun dan dimanapun berada. Jenis TV, juga beragam dari yang Analog, Digital, hingga TV berbayar.
Saat ini masyarakat lebih memilih memakai TV Digital, ketimbang TV Analog.

Dilansir dari laman Indonesia Baik, ada dua skema untuk mendapatkan siaran TV digital. Pertama dengan menggunakan TV digital. Kedua, jika tidak memiliki TV digital, maka perlu perangkat tambahan dekoder atau Set Top Box (STB). Untuk itu, televisi yang hanya bisa menerima siaran analog harus memasang STB terlebih dahulu.

STB merupakan alat pengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang kemudian ditampilkan pada TV analog atau TV tabung. Sebelum membeli perangkat tersebut, anda dapat membaca tips berikut :

  1. Saat membeli perangkat televisi bar atau dekoder/set top box maka pastikan alat tersebut memiliki penerimaan DVB T2.2.
  2. Mendapat garansi dari pabrik dan memiliki jenis sambunganyang dimiliki oleh televisi analog di rumah baik sambungan RCA atau HDMI.
  3. Apabila pembelian dilakukan secara langsung di toko elektronik, maka disarankan untuk mencoba pemasangan untuk menangkap siaran televisi digital saat mash berada di toko.
  4. Apabila pembelian dilakukan melalui platform belanja daring, maka disarankan untuk lebih berhati-hati dengan berkonsultasi kepada penjual,memperhatikan rating toko atau melihat ulasan dari pembeli lain.
  5. Saat ini banyak dijual berbagai jenis alat dekoder atau set top box yang menggunakan gimmick siaran digital namun tidak selalu dimaksud sama dengan siaran televisi digital DVBT2. Beberapa jenis STB yang lain menyediakankombinasi penerimaan mulai dari siaran terestrial DVBT2, siaran satelit DVBS2, siaran kabel DVB( sampai dengan penerimaan melalui internet atau streaming.
  6. Daftar perangkat televisi digital dan set top box yang telah bersertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dapat dilihat di siarandigital.id.

Setelah memastikan apakah TV Analog sudah memiliki perangkat tambahan, berikut langkah-langkahnya dilansir dari infokomputer.grid.id :

  1. Pastikan TV analog dan perangkat STB DVBT2 Anda sudah saling terhubung.
  2. Kemudian, nyalakan TV Anda lalu masuk ke mode AV.
  3. Apabila terdapat beberapa mode AV, sesuaikan dengan koneksi STB, misalnya AV1, AV2, atau lainnya.
  4. Jika mode AV sudah ditentukan, Anda bisa langsung menyalakan perangkat STB.
  5. Tekan tombol “Menu” pada remot STB, lalu cari opsi “Pencarian Saluran” dan klik “Pencarian Otomatis”.
  6. Tunggu hingga perangkat berhasil mencari sinyal siaran TV digital sampai selesai.
  7. Setelah pencarian sinyal sudah selesai, Anda bisa langsung memilih opsi “Simpan”. Nantinya, TV analog Anda akan menampilkan siaran TV digital secara otomatis.

Perlu dicatat, untuk tetap bisa menikmati siaran TV digital dengan menggunakan STB, TV analog Anda harus selalu berada dalam mode AV.

Saat proses ASO/digitalisasi penyiaran selesai nanti, tidak akan ada siaran analog yang tersedia, sehingga pemilik TV analog tidak akan bisa menerima siaran digital televisi jika tidak memasang STB.

Sedangkan pengguna yang sudah menggunakan TV digital, cukup membeli antena khusus siaran digital dan dapat langsung menikmati siaran tanpa STB.

STB maupun TV digital dapat dibeli di toko elektronik maupun marketplace online.

Itulah tata cara mengubah TV Analog menjadi TV Digital, namun pastikan dengan benar apakah TV Analog anda masih layak atau tidak untuk dijadikan TV Digital.

Baca Juga : Siap-siap, Besok Siaran TV Analog Resmi Dihentikan

Baca Juga
Tinggalkan komen