Logo

Calon dari Jalur Independen, Akademisi Unib: Contoh Kedaulatan Rakyat

BENGKULU – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu 2024 akan dilaksanakan pada bulan november mendatang, setidaknya telah ada beberapa nama yang muncul untuk menjadi bakal calon (Balon) Gubernur. Ada yang menarik pada Pilgub 2024 yaitu, munculnya nama Balon Gubernur Bengkulu melalui jalur independen.

Akademisi Universitas Bengkulu (Unib) Delfan Eko Putra turut mengamati dan memberikan penjelasan terkait Pilkada Bengkulu 2024 kali ini. Delfan mengatakan, lahirnya Balon yang melalui jalur independen merupakan rapresentasi dari demokrasi di Indonesia.

“Saya melihat bahwa jalur indepandent ini adalah representasi dari kedaulatan rakyat, representasi dari demokrasi kita, jadi siapapun mempunyai hak ikut kontestasi politik,” terang Delfan Akademisi Unib pada bengkulunews.co.id, Minggu (24/03/2024)

Delfan mengingatkan, balon yang menggunakan jalur independen juga harus siap untuk nantinya berhadapan dengan balon yang diusung oleh partai.

Tambah Delfan, balon independen harus memaksimalkan kekuatan individunya dan masyarakat yang mengusungnya.

“Tentu calon independen ini harus memanfaatkan, memaksimalkan kekuatan daripada personal dan didukung kekuatan masyarakat,” sambung Delfan

Delfan mengingatkan bahwa balon yang diusung oleh partai mendapat keuntungan yang lebih, atau bahkan ada balon yang berasal dari partai koalisi. Sehingga hal itu yang juga harus diperhatikan oleh balon jalur independen.

“Dia harus tahu posisi nanti ketika bertarung karena dihadapkan dengan orang yang diusung oleh partai politik tentu mesin partai atau nanti mungkin lawanya ada koalisi tentu dia sudah diuntungkan dengan banyaknya jaringan kader partai dan sudah ada infrastruktur politik,” ungkap Delfan