Bengkulu News #KitoNian

Bikin Haru, Dari Hasil Jual Pakaian Bekas Akhirnya Nenek 72 Tahun di Bengkulu Bisa Naik Haji

BENGKULU – Usaha tidak menghianati hasil. Kalimat itu pasti kerap tercetus dari orang-orang saat sedang berusaha meraih mimpi. Dan kalimat tersebut cocok buat Siti Juwarsih, seorang nenek di Kota Bengkulu.

Ceritanya, Siti Juwarsih, nenek yang tinggal di Kelurahan Berkas, Kota Bengkulu itu akhirnya tahun ini bisa berangkat untuk menunaikan ibadah haji setelah sebelumnya sempat terkendala biaya untuk menunaikan ibadah tersebut.

Usaha itu terlaksana dari hasil jerih payahnya berjualan pakaian bekas dan hasil mengumpulkan botol-botol bekas untuk dijual kepada pengepul sebagai biaya tambahan.

“Nenek belajar nabung itu dari tahun 90. Nabungnya dikit-dikit dari hasil jualan burukan sama pakaian bekas,” ujar Siti Jurwasih.

Nenek berusia 72 tahun ini mendaftar untuk berangkat ke Tanah Suci sejak tahun 2012. Sejak mendaftar itu, tahun 2021 Nenek Siti Jurwasih dijadwalkan berangkat. Namun sayang, kesempatan untuk pergi haji batal akibat pandemi covid.

Tak hanya itu, kesedihan yang dialami Nenek Siti Jurwasih kembali terjadi di tahun 2022 kemarin. Sebab, Ia kembali harus mengubur mimpinya berangkat ke Tanah Suci lantaran adanya batasan umur untuk menunaikan ibadah haji.

“Waktu ada biaya naik itu nenek jadi cak mano lah yo. Stres pusing, tapi nenek tidak putus asa, nene cari burukan itu untuk tambahan biaya,” imbuhnya.

Kini usai mendapat kepastian keberangkatan, nenek Juwarsih sementara waktu beristirahat untuk berjualan dan fokus menyiapkan diri untuk berangkat haji.

Disisi lain, Jemaah Calon Haji asal Bengkulu sendiri masuk dalam kloter 2 Embarkasi Padang dan dijadwalkan berangkat pada 11 Juni 2023 mendatang.

Baca Juga
Tinggalkan komen