Logo

Berkas Tak Lengkap, Balon Kades Siap-siap  ‘Gigit Jari’

Kabag Admnistrasi Pemerintahan Setdakab Bengkulu Tengah, Marsibudin

BENGKULU TENGAH, bengkulunews.co.id – Sebanyak 19 desa dari 7 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah, segera melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades). Hal tersebut ditandai dengan adanya 55 bakal calon (balon) telah mendaftarkan diri dan siap meramaikan pilkades tersebut.

Adapun rincian pilkades itu, di Kecamatan Pondok Kubang, sebanyak lima desa. Yakni, Desa Paku Haji, Tanjung Dalam, Dusun Anyar, Tanjung Terdana, dan Desa Dusun Baru I.

Lalu di Kecamatan Pondok Kelapa, di Desa Sidodadi, Sidorejo, Bintang Selatan, Pagar Dewa, dan Desa Talang Boseng. Kemudian, di Kecamatan Karang Tinggi, Desa Renah Lebar, Durian Demang, dan Desa Karang Nanding.

Tidak hanya itu, di Kecamatan Bang Haji juga akan melangsungkan pilkades, seperti di Desa Air Napal dan Desa Talang Donok. Sementara, di Kecamatan Talang Empat, pilkades digelar di Desa Lagan Bungin, dan Desa Lagan.

Pilkades juga akan dihelat di Kecamatan Taba Penanjung, yakni Desa Taba Teret dan terakhir di Kecamatan Pematang Tiga, di Desa Kota Titik.

Kepala Bagian (Kabag) Admnistrasi Pemerintahan, Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Bengkulu Tengah, Marsibudin mengatakan, saat ini sejumlah balon sudah memasukkan berkas untuk meramaikan bursa pilakdes ditujuh kecamatan di Bengkulu Tengah.

”Berkas yang masuk akan diverifikasi terlebih dahulu kelengkapannya. Jika ada yang tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat kemungkinan akan digugurkan,” kata Marsibudin, Rabu (3/5/2017).

Untuk balon yang lebih dari lima orang, jelas Marsibudin, akan mengikuti tes tertulis. Dalam tes tertulis, sampai dia, pihaknya akan menggandeng akademisi dari Universitas Bengkulu (UNIB).

”Pengumuman kelulusan balon yang akan menjadi calon besok (Kamis, 4/5/2017),” pungkasnya.