Logo

Benteng Marlborough Bengkulu Gelap, Ribuan Masyarakat Jamaah Solat Gerhana

bengkulunews.co.id – Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di kota Bengkulu disambut antusias masyarakat di daerah ini. Acara yang dipusatkan di Benteng Marlborough oleh pemerintah provinsi, dipadati ribuan masyarakat kota Bengkulu, yang ingin menikmati dan menyaksikan langsung fenomena alam dimana posisi matahari ditutupi oleh bulan.

Usai subuh, Rabu (09/03) pagi sekitar pukul 05.30 WIB, masyarakat berduyun duyun datang bersama keluarganya. Mereka yang hadir lebih awal bisa masuk dan berbaris pada shof sholat kusuf berjamaah.

“Kita merespon fenomena ini selain dimensi ilmu pengetahuan juga dimensi religi. Bagi umat muslim, menggelar Solat Gerhana Matahari berjamaah, alhamdulillah jamaah tertib dan antusias,” ujar Ridwan Mukti Gubernur Bengkulu usai solat dan menyaksikan GMT, di Benteng Marlborough Bengkulu.

Solat kusuf di Benteng Marlborogh dipimpin oleh Imam besar Baitul Izza Bengkulu H. Ramli, dan Khutbah disampaikan DR Mawardi Lubis. Dalam khutbahnya, Mawardi Lubis menyampaikan beberapa nasehat dan pesan.

“Hendaknya umat Islam bersyukur atas rahmat dan karunia Allah, dan mengakui bahwa fenomena gerhana adalah kebesaran kekuasaan Tuhan,” kata Mawardi.

Ia pun mengajak kepada jamaah untuk dapat mengambil pelajaran dan memperkuat Iman dibalik fenomena alam tersebut.

Tak hanya di benteng peninggalan sejarah penjajahan Inggris itu, masyarakat juga menggelar solat jamaah di masjid-masjid. Sesuai dengan anjuran Majelis Ulama Indonesia dan Kemenag RI, sholat gerhana di sunnahkan dilakukan umat muslim Bengkulu lantaran provinsi itu dilalui Gerhana Matahari pada Rabu 9 Maret dari jam 6:19 hingga puncak gerhana pada 7:19 WIB. (122)