Bengkulu News #KitoNian

Banjir Rendam Sejumlah Desa di Kabupaten Bengkulu Tengah

Rumah warga yang terendam banjir di Desa Taba Terunjam Kecamatan Karang Tinggi, Selasa (19/10/2021). Foto: BN

BENGKULU TENGAH – Hujan dengan intensitas tinggi membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Bengkulu Tengah dilanda banjir dan tanah longsor. Berdasarkan data BPBD Bengkulu Tengah, bencana ini melanda setidaknya di empat kecamatan yakni Kecamatan Karang Tinggi, Talang Empat, Pondok Kelapa dan Kecamatan Merigi Kelindang.

Terparah, banjir merendam sejumlah pemukiman warga di Kecamatan Karang Tinggi dan dan menggenangi jalan lintas Bengkulu-Kepahiang. Kondisi ini menyebabkan kemacetan lalu lintas dan memaksa warga untuk mengungsi.

Camat Kecamatan Karang Tinggi, Ferry Arianto mengatakan, banjir disebabkan oleh meluapnya aliran Sungai Bengkulu akibat hujan yang mengguyur sejak Senin (18/10) malam. Beberapa titik di Kecamatan Karang Tinggi yang terkena banjir diantaranya di Desa Taba Mutung, Desa Penanding, Desa Kancing, Desa Talang Empat dan Desa Taba Terunjam.

“Kita ada lima desa yang terkena, sekitar 160 rumah terdampak. Penyebabnya karena meluapnya sungai Bengkulu, hujan yang deras selama satu hari,” ungkap Ferry pada bengkulunews.co.id, Selasa (19/10/2021) siang.

Pantauan bengkulunews.co.id, banjir setinggi dua meter ini membuat sejumlah warga di Desa Taba Terunjam mendirikan tenda darurat di pinggir jalan.Lalu lintas yang sebelumnya macet kini dapat dilalui dengan sistem buka tutup.

Beberapa desa lainnya yang terkena banjir yakni:

1. Desa Jambu Kecamatan Merigi Kelindang
2. Deaa Kelindang Kecamatan Merigi Kelindang
3. Desa Penum Kecamatan Meigi Kelindang
4. Desa Abusakim Kecamatan Pondok Kelapa
5. Deaa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa
6. Desa Pulau Panggung Kecamatan Talang Empat. (red)

Baca Juga
Tinggalkan komen