Logo

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Ini Langkah Pelajar Kota Bengkulu


KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Bengkulu membentuk Satuan Tugas (satgas) anti narkoba. Satgas ini untuk memberikan pemahaman dan mendeteksi secara cepat, terhadap pelajar yang menggunakan narkoba.

”Intinya, kami dibentuk untuk menekan peredaran narkoba dikalangan pelajar,” kata anggota Satgas, Muhammad Gilang, usai pengukuhan Satgas Narkoba pelajar di Balai Kota Bengkulu, Rabu (14/6/2017).

”Tugas kami yang pertama mendeteksi dini terhadap pelajar, yang diduga menyalahgunakan narkoba, agar dapat ditindak lanjuti,” sambung Gilang.

Gilang menyampaikan, Satgas ini juga berfungsi memonitor dan mengenal, jenis narkoba yang beredar. Pendeteksian dilakukan dengan cara, satu orang anggota Satgas diwajibkan membina dan menanggulangi lima orang pengguna Narkoba.

”Nanti kami seperti MLM, satu orang satgas bertugas memberi pembinaan dan mendeteksi penyalahgunaan narkoba, baik di lingkungan pelajar maupun di luar,” ujar Gilang.

Pendekatan yang dilakukan, terang Gilang, merupakan pendekatan persuasif. Dirinya yakin, dengan jumlah anggota yang berjumlah 200 orang lebih, yang tersebar di setiap SMA di Kota Bengkulu, mampu menekan presentase pengguna narkoba.

”Bukan cuma itu, kita juga mulai dari yang pake lem, atau yang lainnya,” tutup Gilang.