Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Antisipasi Kekeringan, PUPR Bengkulu Imbau Masyarakat Menjaga Konservasi Air

BENGKULU – Kepala Seksi Bidang Operasi dan Pemeliharaan PUPR Provvinsi Bengkulu, Fahmiyudin Hasono menuturkan dalam mengantisipasi musim kemarau yang akan diprediksi berjalan cukup lama. Pihaknya secara teknis akan membangun embung-embung air yang bersifat menampung air hujan.

“Sementara ini kami dari pihak PUPR, khususnya bidang SDA dalam penanganan secara teknis bangunan maupun sosialisasi. Kami akan melakukan penanganan secara teknis, dengan membangun embung-embung air yang sifatnya menampung saat hujan,” kata Fahmi pada Bengkulunews.co.id Selasa (02/05/23) siang.

Sehingga ketika musim kemarau datang, kekeringan masih bisa diatasi. Kemudian Ia juga menghimbau masyarakat untuk dapat menjaga konservasi di daerah hulu sungai, yakni das.

Sehingga pada saat musim kemarau atau kekeringan melanda, air yang ada di dalam das bisa mengisi atau memberikan sumber air kepada masyarakat.

“Tapi kalau memang di dasnya sudah tidak tertata lagi maka, perlu ada kerjasama antara instansi lain baik dari bapedas maupun pemerintah kabupaten kota,” sambungnya.

Selain itu pelestarian penanam pohon disepanjang sungai juga sangat penting dilakukan, agar dapat meminimalisir kekeringan ketika musim kemarau tiba.

“Untuk menjaga kawasan das tersebut minimal dengan cara penanaman dan menjaga sepanjang sungai tetap lestari. Jadi kita tidak bisa berbuat banyak, seluruh instani perlu berkoordinasi. Mungkin hanya itu yang bisa kita lakukan sementar dari dinas PU,” demikian Fahmi.

Baca Juga
Tinggalkan komen