Logo

Waspada, Cuaca Ekstrim Kembali Terjadi di Bengkulu

BENGKULU – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu kembali ingatkan masyarakat Provinsi Bengkulu waspada karena cuaca ekstrim kembali mengancam Bengkulu.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang serta petir berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, angin puting beliung di wilayah tersebut.

Prakirawan cuaca BMKG Fatmawati Bengkulu, Winda mengatakan, perkiraan hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Mukomuko, Bengkulu Selatan, Kaur, Lebong Rejang Lebong Bengkulu Tengah, dan Bengkulu Utara.

Hal tersebut disebabkan adanya gangguan leplikasi udara di sebelah barat sumatera yang menyebabkan kondisi labilitas di Provinsi Bengkulu terganggu.

“Untuk tiga hari kedepan di sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu akan berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir sesaat,” kata Winda, Rabu (7/09).

Sementara itu, selain hujan deras, BMKG juga menyebut, gelombang tinggi juga akan terjadi di perairan Bengkulu, perairan Samudera Hindia dan perairan Enggano.

Ketinggian gelombang mencapai 3,5 hingga 4 meter. Diimbau kepada para nelayan untuk menghentikan dahulu aktivitasnya di tengah laut, karena sangat membahayakan keselamatan.

“Itu cukup tinggi. Kalau untuk nelayan kecil sangat berdampak, sementara untuk kapal penyebrangan tergantung dari KSOP nya,” ujar Winda.