Logo

Warga Seluma Nyaris Tertipu

SELUMA, bengkulunews.co.id – Dua warga Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma, nyaris menjadi korban dugaan penipuan dengan undian berhadiah mobil.

Undian tersebut didapat warga dari kemasan salah satu produk mie instan isi dua, yang dibeli warga di warung desa itu.

Kades Lawang Agung, Kirman Efendi, kejadian itu berawal pada Kamis 14 Sepetember 2017, istri kades mendapat pengaduan dari warga yang juga istri Ketua BPD Lawang Agung, Liliana.

”Pada Jumat pagi, kembali mendapatkan laporan dari warga RT 1, Edna, bahwa dirinya mendapatkan kupon,” kata Kirman, Jumat (15/9/2017).

Ditambahkan Kirman, setelah diteliti terdapat beberapa kejanggalan. Seperti, dalam kemasan mie terdapat tulisan bahwa dalam mie tidak terdapat kupon berhadiah, tetapi pada kenyataanya ada selembar kupon hadiah tersebut.

Tulisan kadaluarsa pada kemasan mie tersebut mudah dihapus tintanya, sedangkan biasanya tulisan tersebut menyatu dengan kemasan dan tidak bisa hilang hanya dengan menggoreskan jari tangan.

Secara logika mie seharga Rp.3000/bungkus tersebut tidak mungkin berhadiah mobil yang harganya ratusan juta.

Kuat dugaan bahwa ada warga lainnya di Desa Lawang Agung yang juga mendapatkan kupon yang sama tetapi tidak dilaporkannya pada Kades.

Dengan peristiwa tersebut, Kirman berencana akan mempertanyakan pada bagian Ekonomi setdakab Seluma, terkait sejauhmana pengawasan distribusi barang yang beredar.

”Selain karena adanya penipuan seperti itu, juga tingkat hyegenitas barang, karena dipastikan mie tersebut telah dibuka untuk dimasuan kupon sehingga dianggap kurang hygenis lagi,” tutup Kirman.