Bengkulu News #KitoNian

Warga Korban Banjir Mulai Terserang Penyakit

Program PKPU Human Initiative, sebuah lembaga kemanusiaan yang telah mendirikan posko banjir sejak Jumat lalu

KOTA BENGKULU – Puluhan warga korban banjir di Kelurahan Tanjung Agung dan Tanjung Jaya, mulai terjangkit gatal-gatal dan diare.

Hal ini dijelaskan oleh, Tuti Srikantun selaku Kepala Bidang (Kabid) Program PKPU Human Initiative, sebuah lembaga kemanusiaan yang telah mendirikan posko banjir sejak Jumat lalu.

Berdasarkan asesmen data-data itu, PKPU Human Initiative, mengadakan program layanan kesehatan.

“Sudah ada masyarakat disini yang terjangkit penyakit disebabkan air kotor, seperti diare dan gatal-gatal, selain warga relawan yang terlibat juga sudah ada yang terkena penyakit,” ujar Tuti pada Sabtu (15/12).

Lebih lanjut kata Tuti, sejauh ini, dari 40 orang masyarakat yang sudah berobat ke posko PKPU Human Initiative, 10 orang diantaranya sudah terjangkit diare dan gatal-gatal.

“Ada sekitar 10 orang, dan pasien kita hari ini sudah ada 40 orang yang mengeluh sakit,” imbuhnya.

Berkaitan dengan itu, PKPU Human Initiative akan segera mengedukasi anak-anak di lingkungan banjir untuk tidak mandi dan bermain air banjir, karena hal itu merupakan alasan utama penyakit-penyakit tersebut datang.

“Kita akan kumpulkan mereka disini, kita akan beri edukasi kepada mereka, bahaya bermain air banjir yang kotor ini,” demikian Tuti.

Baca Juga
Tinggalkan komen