Logo

Warga Betungan Dilatih Membatik

KOTA BENGKULU – Pemerintah dan pihak terkait nampaknya mulai serius dalam memperdayakan masyarakat, terlihat dengan diadakannya pelatihan membatik untuk masyarakat Kelurahan Betungan. Masyarakat Kelurahan Betungan pun antusias menyambut kegiatan yang diselenggarakan oleh Kadin Provinsi Bengkulu, terlebih lagi prospek pelatihan ini kedepannya cukup menjanjikan.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan dan pembinaan ini memberikan dampak yang positif untuk menciptakan peluang usaha dan peningkatan ekonomi di Kelurahan Betungan,” ujar Lurah Betungan David Edison, Selasa (10/4/2018).

Peresmian acara dimulai dengan menggunting pita pertanda pelatihan membatik dimulai hingga satu bulan kedepan, dengan mendatangkan ahli batik dari Solo. Ini bukan pelatihan membatik yang biasa, mengingat Kelurahan Betungan ini diharapkan menjadi sentra batik khas Bengkulu karena yang berdekatan langsung dengan Bandara Fatmawati, sehingga dengan mudah memasarkan produk ini kepada para pendatang.

Pelatihan dan pembinaan dari Kadin Provinsi Bengkulu ini bertujuan mempromosikan batik khas Bengkulu serta menjadikan Kelurahan Betungan sebagai sentra batik dan sentra oleh-oleh, agar budaya kita juga dikenal serta bisa bersaing dengan Kota lainnya,” ujar Ketua Kadin Provinsi Bengkulu, Ade.

Kegiatan yang diagendakan mulanya akan diresmikan oleh Pemerintah Bengkulu melalui Gubernur Bengkulu Atau Wali Kota Bengkulu, namun dikarenakan berhalangan hadir posisinya di wakilkan dari pihak terkait. Terlepas dari itu, acara peresmian pelatihan batik di Kelurahan Betungan berjalan dengan sesuai harapan.

“Dan harapannya Peran dan dukungan pemerintah sangat dibutuhkan guna memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat melalui pelatihan batik ini serta kedepannya target kami bukan hanya batik saja namun kerajinan Bengkulu lainnya seperti souvenir khas Bengkulu juga akan dikembangkan dan diberikan pelatihan khusus,” sambungnya.