Logo

Tim Saber Telusuri Aliran Hasil Pungli Dana BOK

SELUMA, bengkulunews.co.id – Tim Penyidik Satreskrim Polres Seluma masih menyelidiki aliran uang dari hasil  dugaan pungli dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Kabupaten Seluma, 2017.

“Saat ini masih melakukan pemeriksaan atas para terduga Pungli tersebut dan dilihat nanti perkembangannya,” kata Kapolres Seluma, AKBP Jeki Rahma Mustika, kepada wartawan saat press realese di Mapolres Seluma, Kamis (5/10/2017).

Menurut Kapolres, tidak tertutup kemungkinan dana hasil Pungli mengalir “keatas”, bisa atasan langsung atau pejabat di luar OPD Dinkes Seluma.

”karena dana BOK untuk Puskesmas tersebut, ada dugaan telah disunat sebelum diterima bendahara Dinkes,” ungkapnya.

Selain itu, Jeki belum bisa mengetahui praktek dugaan pungli ini telah berlangsung berapa lama, karena untuk saat ini masih mendalami pada realisasi anggaran 2017.

“Tetapi dapat dipastikan jika dilihat dari barang bukti yang disita, ada pemotongan sebesar enam persen bagi penerima dana BOK tersebut,” sampai Jeki,

Besaran potongan, kata Jeki, masing-masing Puskesmas diduga tidak sama, karena tergantung dari pagu dan banyaknya posyandu dalam naungan puskesmas itu.

Total dana BOK bagi seluruh Puskesmas di Kabupaten Seluma pada tahun ini mencapai Rp2,3 miliar untuk 22 Puskesmas.

“Pada saat pengerebekan, baru tersalur dana untuk 14 Puskesmas. sisanya delapan Puskesmas belum ngambil,” tutup Jeki.

Baca juga : Geledah Tiga Ruang, Tim Gabungan Boyong Berkas